Kembali Ke Index Video


Ajaran astrabrata dalam dunia pewayangan

Kamis, 13 Oktober 2016 | 20:58 WIB
Dibaca: 1779
Ajaran astrabrata dalam dunia pewayangan
BATARA SURYA DALAM DUNIA WAYANG

mEDIA ONLINE PASTVNEWS.COM, Batara Brama : Diilustrasikan bebada  gagah perkasa,berhidung  dhempok,bermata “thelengan” ang berarti bulat  dan tajam  dalam memandang.Ia brkumis  dan berjenggot tebal.warna  muka  di sungging  dengaan  warna merah muda yanag dapat juga diartikan  sebagaia  warn agresif,cepat  dalama bertidak, dan sering   pula terkesan  terburu-buru gara segala  hal  dapat teselesaikaan .Ia mengenakan  mahkota  raja,  dengana pola gelapan ber-gurdha mungkur, ber –jamang,srt   bersumping sorengpati.

Kategori  sumping soregpati ini sering  diindikasikan  bahwa  tokoh  yang bersangkutan  sedikit  mempunyai kesan  yang kejam dan tegas.Rambut dibiarkan terurai. Batara Brama  tidak mengenakan busana kadewan dengan jubah dan sampir ,namun hanya bertelanja  dada.Ia mengenakan keris di pingggangnya  “berkelat bahu “calumpringan”dan  tangan belakang menjinjing sebuah pedang .

Batara  Brama berwatak sembada,sedikit mempunyai  sifat angkuh dan murka,kejam,senang bekelana ke berbagai  belahan  dunia, gemar berperang, cepat marah bagaikan  api yang mudah tersulut.Namun demikian iapun berwatak  brni menghadapi   apapun,setia teguh pada pendirian ,serta  berwatak prajurit yang kokoh dan tangguh  sebagai benteng  Negara. eorang pemimpin  adah  seorang yang memeilikikebernian  dan memeiliki wawasan  kewilayahan  yang memadai .

Dengan  modal itu, secara aterus menerus  dia aan  mengkonsolidasikan kekuaatnnnya sehingga  akyat yang dipiminya selalu berada  dalam kontrolnya,kendalinya.Dia akan melindungi  daerah  kekuasannya dari kemungkinan  adanya musuh  yang bermaksud  untuk mengganggu kedaulatan wilayahnya. Di bawah  pemimpin seperti ini, rakyatpun memiliki  keperwiraan yang tangguh.

Jika diperluan ,mereka  dapat  digerakkan  untuk  menghadapi musuh  setangguh  apapun.Rasa takut tidak akan dapat menghalangi  mereka  karena  mereka  telah  mendapatkan  restu  dari pemimpin mereka yang gagah berani.

Batara Baruna :  digambarkan berwajah  luruh,berhidung  sembada,bermata  kedhelen,ber-jamang da ber-sinom.Ia memakai  kethuk  dewa  oncit dengan jamang,bersumping waderan berambut ngore,berjubah dan bersampir.Ia dududk di atas sebuah dhampar dengan tangan  membawa  sebuah.Seperti halnya dewa yang lain, Baruna  juga mengenakan sepatu.Batara Baruna  adalah dewa  yang pandai  terhadap sesuatu,

lebih dibanding siapapun dalam kemampuannya,bewataak berani dan setia, bersifat welas asih terhadap sesame, dan pandai mengenali musuh serta  dapt  menghormatinya.Kriteria yang lan yang pentin  bagi seorang pemimin  adalah kepandaian ,kebersahajaan,dan kemampuan mengayomi.Ketiga  sifat itu  menyebabkan sangpemimpin  disegani dan dihormati.Pihak –pohak yang semula  mmandangnya dengan rasa  prmusuhan, kana segeratakluk dan sujud di hadapan pemimpin seperti ini.Mereka sadar bahwa sang pemimpin  adalaha sosok yang tidak  tertandingi.

Meskipun memiliki  banyak kelebihan,  sang pemimpin tidak menjadikan hal itu sebagai alat untuk  menyombongkan diri. Dia selalu berupaya untuk  mengembangkan diri.Sesulit apapun jalan yang  harus ditempuh untuk memperdalam pengetahuannya,semuanya akan dijalani  dengan rendah hati.Bersifat pada kepemimpinan yang seperti ini,  rakyat akan terus menerus berupaya  meningkatkan kemampuan diri. (isan r)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi