Kembali Ke Index Video


Kemenag RI sepakati awal puasa pada hari Ahad 29 Juni 2014

Jumat, 27 Juni 2014 | 22:00 WIB
Dibaca: 1030
Kemenag RI  sepakati awal puasa pada hari Ahad 29 Juni 2014
ALAT TEROPONG UNTUK MELIHAT BULAN DI UFUK BARAT SENJA HARI.

Jakarta-PASTVNEWS.COM, mentri agama Lukman Hakim Saifuddin, menetapkan awal Ramadan 1435 H/2014 jatuh pada hari ahad 29 Juni 2014, Meski demikian selaku mentri atas nama pemerintah, melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal Ramadlan 1435H/2014M jatuh pada hari Minggu (29/06).

Namun demikian, Menag Lukman Hakim Saifuddin menegaskan bahwa Pemerintah memberikan keleluasaan bagi umat Islam yang ingin mengawali puasa Ramadan karena jelas ini berbeda dengan ketetapan Pemerintah.

Pemerintah memberikan keleluasan kepada semua pihak, karena ini adalah ranah dan wilayah ibadah, dan  pemerintah  tidak dalam posisi untuk memaksa semua orang, wajib mengikuti.

Lebih lanjut meNtri asal politisi PPP, ini menjabarkan pada jumat 27 Juni 2014, bahwa, Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk memberikan arahan dan pedoman, kapan puasa itu diawali.

Pak mentri juga menjelaskan, sidang itsbat merupakan amanat UU No 3 tahun 2006 tentang Peradilan Agama, dimana UU mengamanatkan kepada Pemerintah untuk menetapkan awal Ramadan, Syawwal, serta Dzulhijjah atau hari besar, hal itu agar umat Islam Indonesia memiliki acuan di dalam menjalankan keyakinannya.

Yang menarik dalam siding Isbat, ada rumusan dan 2 rekomendasi demi kebaikan di masa mendatang, maka yang pertama kita harus banyak melakukan forum serta kajian yang melibatkan tokoh ormas Islam, selain para pakar dalam penyamaan imkanur rukyat dan kriterianya, Jelas Menag kembali.

Sidang isbat di jalan M.Tamrin No 6 tersebut di hadiri oleh Sidang istbat awal Ramadan 1435H/2014M dihadiri oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin (ketua umum Muhammadiyah, Ketua Komisi Fatwa.

Sedang hasil akhir laporan rukyat posisi hilal di bawah 1 derajat dan atau antara kurang dari 0 derajat hingga 30 derajat, oleh sebab tu di putuskan serta di sepakti Ramadan tahun 1435 H. jatuh pada hari Ahad 29 juni 2014. Disadur dari situs resminya kemenag go.id “, SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADAN 1435 H. Pungkas sang mentri. Tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi