Kembali Ke Index Video


Persyarikatan Muhammadiyah 1 Ramadhan 1435 H/2014 Jatuh Tanggal 28 Juni 2014

Kamis, 26 Juni 2014 | 18:00 WIB
Dibaca: 1525
Persyarikatan Muhammadiyah  1 Ramadhan 1435 H/2014 Jatuh Tanggal  28 Juni 2014
dok.foto logo muhammadiyah

Pastv news.com, beda awal ramadhan sudah hal yang biasa, kalau sang menti Agama RI Lukman Hakim baru akan mengumumkan awal puasa 27 JUni 2014, namun persyarikatan Muhammadiyah justru telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 27 Juni 2014 petang.

Pada tanggal tersebut hilal atau bulan diprediksi sudah terlihat walaupun baru setengah derajat, demikian di ungkapkan, Agus Suradikan KETU muhammadiyah DKI seperti dalam rekaman media 1 Mei 2014 lalu.

Lebih lanjut,  Agus menuturkan, penetapan awal Ramahan oleh Muhammadiyah dengan pemerintah kemungkinan akan berbeda.

Sesuai kalender Islam, hari baru dimulai dari maghrib. Maka Muhammadiyah kemungkinan melakukan salat tarawih pertama pada Jumat malam, 27 Juni 2014. Sementara puasa hari pertama dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2014.

"Kalau nanti tanggal 27 Juni bulan tidak terlihat dengan kasat mata telanjang bulat pasti tak terlihat. maka itu berarti melalui metode rukyat, 1 Ramadan oleh pemerintah jatuh tanggal 29. Berarti tarawihnya muhammadiyah  tanggal 28 malam, Harus di ingat bukan malam 28 Lho,"Metode Hitung

Seperti pada tahu tahun sebelumnya, metode penghitungan persyarikatan Muhammadiyah menggunkan metode hisab. Bulan baru ditetapkan bukan berdasarkan kemunculan wujudnya yang bisa dilihat mata telanjang. ia pun merunut, sewaktu zaman Rasulullah SAW belum ada teropong seperti sekarang maka tak ada tak ada pilihan, bulan harus dilihat dengan mata telanjang. Jelasnya kembali.

Perlu di ingat teknologi infra merah, saat ini yang telah ada di gunakan dan dapat mendeteksi maka sudah bisa terlihat.

Sejumlah kyai dan ulamapun berpendapat, yang mau dilihat bukan wujud hilal, tapi ruyat (kemunculan) hilal. Sedang sebuah hadist mengingatkan,  jika kamu tak melihat, maka lengkapilan Bulan Syaban menjadi 30," tandasnya”di kutip dari liputan 6.com “tem red”




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi