Kembali Ke Index Video


Masjid Syuhada Jogjakarta Tempo Dulu dan Sekarang

Minggu, 29 Juni 2014 | 23:16 WIB
Dibaca: 2793
MASJID SYUHADA KOTA BARU DI ZAMAN SEKARANG

Lintas Sosial-pastvnews.com, Salah satu masjid bersejarah di kota Yogyakarta adalah masjid Syuhada.masjid di banguan pada masa pemerintahan Ir. Presidennya Pertama

Masjid di bangun tahun 1950 dan selesai pembangunannya selama 2 tahun dan terdiri dari 2 tingkat. Menurut dalam sejarahnya masjid tersebut cukup unik.

Masjid ini di bangun  tanggal 23 september  (peletakan batu pertama oleh Sri sultan HB IX , yang saat itu menjabat sebagi mentri perthanan RI )  pembangunan ini di mulai tepatnya pada hari raya qurban ke dua, sedang penetuan arah kiblat oleh KH. Badawi dan di resmikan 20 september 1952.

Berfungsi sebagai  monument peringatan bagi pahlawan kemerdekaan RI, serta merupakan masjid yang tergolong modern dan memiliki multi peran dan teladan.  Masjid di banguan menghabiskan dana sekitar  RP.50.000.000 juta  di masa itu, dana di dapat dari donator dan oleh panitia itu sendiri.

Selain itu masjid Syuhada juga banyak kawula muda muslimnya karena  mereka beraktifitas untuk mencari  pengetahuan keagamaan kemudian mensyiarkannya.

Masjid syuhada  arsitekturnya  di rancang modern dan berlantai tiga, dan sepintas mirif candi Borobudur di Jawa Tengah dimana di candi ini memiliki  tahapan yang pertama  kamadatu, rupadatu Arpadatu.

Sedang masjid ini tingkatan paling awal di sisi utara dan selatan jamaah  akan menginjak tangga yang jumlahnya 11 yang terbuat dari batu, kemudian berjlan naik maka akan sampai dilokasi tempat wudhu atau sekitar perkantorannya, atau ada tingkat ke dua.

Selanjutnya  tingkat ke tiga ialah masuk ke masjid  yang akan melewaTi   17 anak tangga terdapat di sisi utara selatan dan timur. (17 tangga melambangkan 17 Agustus RI mindonesia merdeka) dan tingkat  ketiga ilah masuk di ruangan masjid.

Masjid menjadi obyek dan daya tarik  wisata religi, hal ini mengacu pada histori masjid, sehingga keberdaan masjid juga menjadi lambing jihad dan pengorbanan dalam melawan penjajah.

 TOKOH TOKOH PENDIRI MASJID  SYUHADA

Imam masjid yang pertama adalah KH. Anwar Musaddad, Berikut  nama nam panitia pembangunan masjid. H Muhammad Ketua panitia pertama, HM. Suja ketua pembanguan ke dua,M. Assat panitia ke tiga, Bung Karno, Presiden RI pertama, Sri Sultan HB IX, Bp.H. Prabuningrat, wakil panitia, RH. Benyamin ustad.

Muhammad  Jabir Prawiroyuwono,HM. Dalhar, Urusan neon (lampu) khotib Mr. R.A Kasmat Bahu winangun, Ki Musa mahfud, urussan pembangunan,RM Abikusno Cokro suyoso, penasehat, KH. Badawi pengabil arah kiblat, A. Yatim, sekertaris panitia, Letkol Suharto, Anggota Panitia,RI 2, H. Zaini ws.

 pelaksana , H. anton Timur jaelani, wakil penugas Yasma,  R. Sunaryo Mangunpuspito, bendahar 2, KRT. Dr. H.A Majid Purwo Husodo pengurus yasma, Prof. KH. Abdul Kahar Muzakir, Hamka selaku pengamat,KH anwar musadad, tusiakl, kadarisman,Samawi, panitia  pemeliharaan sewindu , H.A Basuni, Dan  Siti Safah , pengawas asrama dan guru anak anak, tim red

AWAL PENGECORAN PONDASI MASJID SUHADA




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi