Kembali Ke Index Video


Kemenpar Selenggarakan Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata

Jumat, 15 April 2016 | 10:29 WIB
Dibaca: 2846
Kemenpar Selenggarakan Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata
dok foto logo kemenpar RI

Media online PASTVNEWS.COM, Dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan  para pengelola website dan media sosial pariwisata daerah, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Bimbingan Teknis Strategi Pemasaran Pariwisata, tanggal 13 – 15 April 2016 di MG Suites Hotel Semarang.

Sebagaimana disampaikan Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI Dra. Watie Moerany, M.Hum, bimtek kali ini diikuti oleh 42 pengelola website pariwisata daerah kabupaten/ kota se Jateng – Jatim dan DIY.

Watie menambahkan bahwa teknologi informasi dan media digital pada saat ini memiliki peran yang penting dan tidak bisa dihindarkan dalam upaya untuk mempromosikan potensi bangsa ini, khususnya potensi pariwisata.

Mengingat pentingnya hal tersebut diharapkan para pengelola website dan media sosial pariwisata di masing-masing daerah dapat lebih mengoptimalkan peran dan fungsinya. Harapannya pariwisata di daerah akan dapat berkembang dengan lebih baik dan lebih banyak mendatangkan wisatawan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

Mengingat secara fakta pariwisata merupakan sektor unggul yang memiliki multiplier effect yang besar terhadap perekonomian. Disisi lain potensi sektor pariwisata di Indonesia yang tersebar di daerah-daerah sangat beragam, sehingga untuk mempromosikan potensi tersebut dibutuhkan kemampuan dan ketrampilan diantaranya melalui pengelolaan website dan media sosial terkait dengan pariwisata.

Kata kuncinya adalah passion atau semangat daerah untuk lebih meningkatkan kualitas promosi wisata secara kreatif dan berkelanjutan.

Adapun materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut meliputi Creative Digital Tourism oleh Creative Director Panenmaya Digital Grup Dicky Sukmana, Website Pariwisata oleh Wibowo Prasetyo dari Jateng Post dan Media Sosial oleh Hermawan Lubis dari Indopost Selain itu untuk mengaplikasikan materi yang disampaikan diadakan city tour ke Bukit Eling Beningdan Bukit Cinta di Ambarawa Kabupaten Semarang, dilanjutkan dengan pemaparan tugas dari masing-masing kelompok.

Salah satu peserta, Wasita dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, mengatakan bahwa secara esensi materi-materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut memberikan stimulasi yang kuat dan inspirasi strategi dalam upaya lebih meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam mengelola website pariwisata daerah dan media sosialnya diantaranya facebook, instagram maupun twitter.

Hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk senantiasa mengoptimalkan upaya promosi pariwisata yang dilakukan oleh daerah di era digital saat ini.

Terlebih lagi dengan adanya kebijakan MEA maka kepiawaian mengelola website dan media sosial khususnya yang berkaitan dengan pariwisata dinilai sangat penting pada saat ini dan saat mendatang.- patma wt




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi