Kembali Ke Index Video


Warga ke puskesmas keluhkan pelayanan ‘bukan penyakitnya ’kenapa ya ?

Minggu, 8 Januari 2017 | 20:03 WIB
Dibaca: 1254
Warga ke puskesmas keluhkan pelayanan ‘bukan penyakitnya  ’kenapa ya ?
DOK.FOTO ILUSTRASI KELUHAN BUKAN PENYAKIT TAPI PELAYANAN PUSPKESMAS

Nglipar, (Pastvnews.com) - wartab daerah Puskesmas adalah suatu persatuan kesehatan fungsional merupakan, pusat pengembangan kesehatan masyarakat disamping juga membina peran serta masyarakat, memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok.

Puskesmas ada diharapkan dapat menjadi tempat untuk memperbaiki kesehatan masyarakat tetapi dalam kenyataannya puskesmas justru tidak dapat memenuhi fungsinya dengan baik.

Banyak keluhan masyarakat  yang mengatakan tentang masalah pelayanan, tenaga medis serta manajemen puskesmas yang masih buruk dan tidak bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat .

Terkait pelayanan Puskesmas Nglipar 1 yang banyak dikeluhkan warga, Slamet, SPd, MM, anggota DPRD DIY, Minggu, 08/01/2017, mengatakan, mencari solusi yang tepat untuk masalah puskesmas sangat diperlukan, untuk kemajuan puskesmas serta kemajuan kesehatan masyarakat.

“karena  banyaknya keluhan masyarakat itu bukan mengeluhkan penyakitnya tetapi mengeluhkan masalah pelayananya,”tutur Slamet Harjo, panggilan populernya.

Ia juga menghimbau supaya untuk membantu keruwetan yang sekarang ini terjadi baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit, para dokter dan perawat senior membantu menagemen untuk mencari solusinya, bukan menghindar.

“Mohon para dokter dan perawat yang sudah senior membantu management untuk mengatasi keruwetan ini, bukan malah menghindar atau malah nambah masalah,” pintanya.

Sehingga diperlukan jiwa handarbeni, lanjutnya, tidak hanya sekedar menjual jasa, kalau hanya menjual jasa saja, berarti hanya “leleh luweh” yang penting datang ada pasien diobati sudah, pungkas politisi Golkar ini.

Dalam lokakarya United States Agency for International Development ( USAID ) beberapa bulan yang lalu, bahwa pelayanan puskesmas hampir di seluruh Indonesia memiliki “penyakit” yang sama. Setidaknya ada tujuh persoalan mendasar yang sering diremehkan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Ketujuh masalah tersebut adalah sering terjadi antre panjang para pasien, kurangnya alat kesehatan,obat yang terbatas untuk pasien, dokter melayani hanya satu menit, pelayanan pihak staf puskesmas yang kurang ramah, kurang responsive, dan kurang senyumnya para petugas terhadap pasien. Joko N




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi