Kembali Ke Index Video


USAHA GAPLEK GUNUNGKIDUL MENJANJIKAN !

Sabtu, 29 Agustus 2015 | 21:00 WIB
Dibaca: 3328
USAHA GAPLEK GUNUNGKIDUL MENJANJIKAN  !
GAPLEK GUNUNGKIDUL MENGUNTUNGKAN

Ponjong-Pastvnews.com Gunungkidul terkenal dengan kota gapleknya memang tidak bisa kita pungkiri wilayah terluar DIY ini dulu termarjinalkan dipandang sebelah mata dibanding daerah-daerah lain.

Terkenal dengan daerah yang minus, tandus dan gersang juga terkenal dengan daerah yang  kekurangan air, apalagi disaat-saat musim seperti ini (kemarau), banyak daerah yang sudah mulai kekurangan air bersih.

Tetapi pandangan seperti itu sedikit demi sedikit mulai berubah dengan pemerintah mulai berbenah diri dari segala sektor, termasuk sektor pertanian.

Andalan pertanian Gunungkidul selain padi juga tanaman singkong yang nantinya menjadi gaplek, sehingga mencuatnya Gunungkidul karena gapleknya.

Disaat musim kemarau saat ini para petani di Gunungkidul sudah mulai memanen singkong yang dijadikan gaplek, dan teryata menanam singkong  tidak bisa dianggap sepele penghasilannya,.

Apalagi mau berbisnis gaplek sebagai penampung dan menyalurkan kepada tengkulak atau pedagang, tentu ini bisnis yang sangat menjanjikan untuk ukuran wilayah Gunungkidul.

Seperti yang sudah dilakukan oleh Pak Taslim dan istrinya ini, bapak yang sudah menggeluti bisnis polowijo dari waktu bujang ini mengatakan, saya jual beli polowijo  termasuk gaplek ini sejak tahun 1965 sampai sekarang.

Dulu dari tahun 1965 sampai tahun 1970an saya masih pakai kuda dan jalan kaki, jual belinya dipasar, lama-lama bisa  punya roda empat sampai sekarang ini, masih kata Pak Taslim.

Mensoal pemasaran sampai saat ini tidak ada masalah, masalahnya hanya kekurangan modal, kata bu Taslim yang mulai berbisnis gaplek dari tahun 90an ini mengungkapkan kepada wartawan pastvnews.com 27 Agustus 2015 di rumahnya tersebut

Kedua orang tua ini tinggal menikmati enaknya, karena sekarang yang meneruskan bisnisnya sudah diserahkan ke anak perumpuannya, ya saya sekarang Cuma membantu anak saya, jadi gaplek dipasarkan kemana saya tidak tahu, yang tahu Anjar Rahayu anaku, pungkas Bu Taslim.

Memang menurut pengamatan media tempat pekarangan Pak Taslim dan Bu Taslim ini penuh dengan tumpukan dan jemuran gaplek dan kacang.

Mobil truck 2 yang nongkrong digarasi rumahnya menandakan salah satu keberhasilan bisnis gaplek, yang benar-benar tidak bisa disepelekan. WJN




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi