Kembali Ke Index Video


Sutradara Film Tertarik Jadi walikota Jogja ?

Jumat, 6 Mei 2016 | 07:35 WIB
Dibaca: 1527
Sutradara Film Tertarik Jadi walikota Jogja ?
DOK ILUSTRASI WALIKOTA

 

KOTA JOGJA MEDIA PASTVNEWS.COM, Tokoh yang satu ini bernama Garin yang dikenal sebagai  sutradara  film, namun namanya tiba-tiba tertarik untuk   menjadi  calon walikota Yogyakarta, bukan tanpa alasan  Garin maju setelah dinyatakan lolos dalam konvensi  Jogja –Independent (Jo-int) berpasangan  dengan  Romi.

 

Ketertarikan, sebagai calon Walikota    banyak hal yang menginspirasi diantaranya, sebagai putra daerah lahir di Yogyakarta,55 tahun lalu. Wajar jika kemudian ia mencalonkan diri sebagai   calon walikota dalam Pilkada serentak 2017.”Mengapa saya mencalonkan sebagai walikota, karena  saya cinta Yogya, saya lahir  di Yogya, masa kanak-kanak  saya tumbuh di  Yogya, saya pernah bermain-main  di kali code dikenallah  analeco (anak lembah code)”, sehingga  sudah saat saya   mendarma bhaktikan diri  untuk kota kelahiran saya, kota yang saya  cinta,”  ungkap.

Menurutnya, kota Yogyakarta merupakan kota yang berbudaya dan memiliki  potensi  untuk menjadi kota yang mampu memberikan kontribusi inspirasi  bagi daerah lain bahkan  ke dunia,  apabila  sumber daya manusia  yang ada di kota  Yogya diberi  ruang yang cukup.

“Pemerintah harusnya  berperan  sebagai pelayan yang mampu  memberikan fasilitas sesuai kebutuhan  masyarakat, dengan memberikan kesempatan peran serta dan penyaluran berbagai elemen masyarakat, komunitas, warga  akan lebih tahu  apa yang menjadi kemauannya,  karena  warga  lebih tahu dan mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan.” Ungkapnya.

Dari sinilah  kemudian akan  lahir masyarakat atau warga yang terampil sesuai dalam bidangnya masing-masing. Sementara itu, Romi Heryanto  calon wakil  walikota mengatakan, strategi  untuk penggalangan masa dukungan  dilakukan  terhadap  basis-basis  masa yang ada di masyarakat,  melalui  kampung- kampus dan  komunitas. Ia optimis  jika ada  pembagian  tugas  untuk mendatangi  masing-masing  basis masa  yang ada,  maka target  45.000 KTP  sebagai bukti  dukungan.

Kalau  kemudian,  Garin Nugroho Riyadi,  putra asli Yogya, kelahiran 6 Juni  1961 ini, jenjang pendidikan di SD Islamiyah,Yogyakarta, karena  kepindahan tugas orangtuanya di Semarang, ia  kemudian melanjutkan  SMP dan SMA di Semarang.

Selepas dari SMA  melanjutkan  studi di Fakultas Hukum  UI, IKJ (jurusan  Film dan Televisi).Garin dikenal sebagai sutradara masih sempat menularkan  ilmunya  dan mengajar di berbagai perguruan tinggi, di antaranya di Pasca   Sarjana   ISI Yogyakarta,  ISI Surakarta.

Bahkan ketika di  IKJ sempat menjabat sebagai PR  III Bidang  Kemahasiswaan.Suami dari  Riyani  Ikaswati dikarunnia  putra, Kamila, Gibran  Tagari, Adinda dan Anala Ahimsa. Riyani aktif  menjadi  pengurus  di Syafii  Ma’arif Institut, Pusat Kebudayaan  Amerika  Indonesia, Galery  Soenaryo Bandung. 

 Garin  juga pernah  menjadi Presiden  Festival  Jogja Asia  Film,  Ketua Telavisi  Publik Indonesia, Direktur  dan Pendiri  Yayasan  Sain  Estetika  Teknologi, Koordinator Pemberdayaan  Perempuan dan Keluarga  Pengungsi  Tsunami  Aceh, Dewan Pers. isan

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi