Kembali Ke Index Video


Sarasehan Pusaka " Apa bedanya Tombak Korowelang dengan Tombak Cucakan ?

Jumat, 6 November 2015 | 09:46 WIB
Dibaca: 1959
Sarasehan Pusaka " Apa bedanya Tombak Korowelang dengan Tombak Cucakan  ?
peserta dan narasumber tosan aji

Media - PASTVNEWS.COM, Saresehan pusaka tosan aji dari Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Dewan Kebudayaan untuk tahun ini dipusatkan di Pendopo Kecamatan Nglipar.

Dalam sambutannya ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, CB Supriyanto, SIP mengatakan bahwa dalam saresehan tahun ini sebenarnya akan dipusatkan di wilayah kidul, tetapi karena tombak korowelang di Pengkol kemarin tanggal 1 Suro dikirab, maka kita alihkan diwilayah utara, yaitu dikecamatan Nglipar.

Karena kita tahu untuk wilayah disini antusiasme masalah melestarikan warisan luluhur yang berupa wesi aji atau tosan aji masih tinggi, kata CB Supriyanto.

Ini bisa dilihat dari kirab setiap tahun yang dilaksanakan di Dusun Pengkol, Kecamatan Nglipar, dan kebetulan setiap tahun saya menghadiri acara tersebut, sehingga saya tahu semangat masyarakat untuk melestarikan budaya masih tetap tinggi, tambah CB. Supriyanto.

Dalam saresehan yang dihadiri dari Dinas Kebudayaan, Dewan Kebudayaan, Muspika Kecamatan Nglipar dan masyarakat pecinta pusaka tosan aji ini banyak pertanyaan yang dilemparkan kepada narasumber.

Kebetulan narasumber yang diundang oleh Dinas Kebudayaan dan Dewan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul adalah Dr. Kunyun Mursendro dari Pametri Wiji Yogyakarta.

Supono dari wilayah Katongan misalkan mengajukan  beberapa pertanyaan, pertanyaan terakhir yang menggelitik para peserta saresehan adalalah, apa bedaya tombak korowelang dengan tombak cucukan? Tanya Supomo yang disambut dengan tertawa  para peserta saresehan. WJN

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi