Kembali Ke Index Video


Sarasehan Tosan Aji Nglipar Gunungkidul mampu menguak keberadaan Tosan Aji masuk Unesco

Jumat, 6 November 2015 | 09:20 WIB
Dibaca: 1807
Sarasehan Tosan Aji  Nglipar Gunungkidul mampu menguak keberadaan Tosan Aji  masuk Unesco

Gunungkidul-pastvnews.com, Salah satu bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Gunungkidul,  untuk melestarikan dan memetri tosan aji dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan pariwisata setiap tahun mengadakan saresehan tosan aji.

Dalam sarasehan yang di gelar pada tanggal 5 november 2015 oleh dinas bekerjasama dengan Dewan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul mengundang pakar yang mengerti betul tentang tosan aji.

Untuk tahun ini pakar yang diundang adalah termasuk abdi dalem Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat yang menguasai ilmu atau pengalaman tentang tosan aji yaitu Dr. Kunyun Mursendro termasuk Pametri Wiji Yogyakarta.

Masalah tosan aji  UNESCO  mengakui bahwa ini termasuk warisan budaya bangsa Indonesia.

UNESCO melalui penelitihan – penelitihannya sehingga tanggal 25 November 2005 menetapkan bahwa keris atau tosan aji salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia, kata Dr. Kunyun.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia wajib bangga dan perlu melestarikan warisan budaya tersebut.

Perlu kita mengetahui dan memetri jangan sampai warisan luluhur kita diambil oleh orang luar sehingga jangan sampai anak cucu kita belajar memahami tentang tosan aji ke luar negeri, imbuhnya.

Dalam saresehan ini selain dihadiri ketua Dewan Kebudayaan dan Dinas Kebudayaaan juga dihadiri Muspika Kecamatan Nglipar dan para peserta saresehan yang jumlahnya hampir ratusan. WJN




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi