Kembali Ke Index Video


Di guyur hujan 1 syuro warga Pengkol tetap gelar upacara adat kirap pusaka

Senin, 3 Oktober 2016 | 09:00 WIB
Dibaca: 1531
Di guyur hujan 1 syuro warga Pengkol  tetap gelar upacara adat kirap pusaka
SERAH TERIMA PUSAKA TOMBAK KOROWELANG PENGKOL 2016/1 MUHAROM 1438 H.

Nglipar -media pastvnews.com, kirab pusaka yang di gelar  untuk yang di gelar untuk yang ke empat kalinya tahun di 2016 atau 1 Syuro /muharrom 1438 H, warga pengkol nglipar antusias mengikuti prosesi upacara adat jawa gelar pusaka.

acara ini di gelar sejak pagi dengan rangkaian pagi gelar kesenian tradisionol jatilan, putra putri, tarina cakra kembang dan di lanjutkan prosesi kirab pusaka payung agung dan tombak korowelang di rumah Wagino joko narendro meski acara prosesi gelaran kirab dan serah terima pusaka di guyur hujan deras.

bersama prajurit lombok abang dan komandan pletonnya

Suasana meriah di bulan syuro atau tahun baru 1438 H ini di hadiri oleh dewan kebudayaan, dan sebagian dari utusan kraton Ngayogyokarto, salah satu anggota Dprd, Dinas kebudayaan Kabupaten Gunungkidul yang di pimpin Restu Raharjo, Dari Muspika kecamatan Nglipar, seperti polsek, koramil turut hadir pemdes pengkol yang di hadiri kades Desa Pengkol.

Prosesi serah teima pusaka tombak koro welang dan song song payung agung di awali dengan kirab prajurit lombok abang menuju dalam rumah limasan meski di luar ruangan suasana hujan

Restu Raharjo mewakili bupati Gunungkidul berhalangan hadir karena masih di luar negri, dalam pidatonya mendukung sepenuhnya acara sehingga dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Gunungkidul memberikan suport dan mengagendakan acara setiap tahun untuk terus gelar.

Kami mendorong sepenuhnya agar tiap tahun jadi gelaran rutin 'papar Restu seraya memberikan piagam pengakuan kepada Wagino,  fid




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi