Kembali Ke Index Video


“PANDAWA LIMA” BENGKEL KERETA 'DIPERCAYA PERBAIKI KERETA KENCANA JUMENENGAN PAKU ALAM X

Jumat, 1 Januari 2016 | 20:57 WIB
Dibaca: 2438
 “PANDAWA LIMA” BENGKEL  KERETA 'DIPERCAYA PERBAIKI KERETA KENCANA JUMENENGAN PAKU ALAM X
kereta kraton

MEDIA ONLINE PASTVNEWS.COM, HAMPIR  lebih dari puluhan kereta  milik bekas dinasti Mataram ini,  pernah ditangani Paidi (57),warga dusun  Jetis,Patalan, Jetis,Bantul, Memperbaiki.

kereta keraton tidak hanya kali ini saja, bahkan  memperbaiki kereta  keraton sudah sering ia lakukan.Tentu saja kepercayaan ini merupakan kehormatan baginya  untuk  tidak  menyia-nyiakan. 

Kini ia mendapat  kepercayaan untuk memperbaiki kereta  Kiai  Manik Kumolo,  yang akana  digunakan  oleh  Kanjeng Bendoro Pangeran  Haryo (KBPH)  Prabu Suryodilogo yang bakal  menduduki tahta, Puro Pakualaman sebagai Kanjeng  Gusti  Pangeran  Adipati  Arya  Paku Alam X.

Untuk memperbaiki,  kereta tidak sendirian, ia lebih banyak dibantu  anggota keluarga yang masih putra  almarhum,  Mas Bekel  Joyodiharjo. 

Diakui untuk memperbaiki kereta  bersama saudara-saudaranya menggelar  selamatan. “ Di samping  laku puasa,  selamatan  yang kami sajikan berupa  nasi gurih, pisang raja dan  jajan  pasar lalu   di doakan memohon  kepada  Tuhan Yang Maha Kuasa agar  pekerjaan dapat berjalan lancar”   ungkap  Mas Lurah  Roto Pawiro.

Meski diakui,  untuk  memperbaiki kereta milik  keraton yang usianya   ratusan tahun itu dibutuhkan kejelian,ketelitian. “Kalau tidak  hati-hati memperlakukan bisa  berbahaya,  bukankah ini kereta  sudah sepuh usianya, dan rata-rata usianya lebih dari  dua ratus tahun” ungkap.

Menurutnya, memperbaiki  kereta bukan sembarang orang bisa melakukan,karena dibutuhkan fisik dan  spiritual.Seperti   beberapa,  kereta milik keraton, hal serupa juga pernah  dilakukan ketika  memperbaiki kereta keraton Ngayogjakarta pada saat  pernikahan putri keratin.

Seperti  kereta Kiai Manik Kumolo yang mempunyai spesifik   warna cat kuning mengkilap. Kereta  buatan Inggris, 1813 ini  bakal mengukir sejarah, dalam acara  kirab  mengelilingi istana  Puro Pakualaman saat  penobatan  putra mahkota, KBPH  Prabu Suryodilogo.

“ Paidi bersama lima  bersaudara lainnya diberi amanah  oleh  Paku Alaman untuk memperbaiki kereta buatan London, Inggris 1813. “ Ya  ada sedikit  kerusakan  di tempat injakan kaki  penumpang, dan harus diganti  dengan kayu jati.

dan streng yang sudah  tua  perlu diganti, untuk streng kita tinggal menunggu Puro Pakualaman.” ujar pria yang  mendapat kekancingan dari keraton  dengan sebutan  Mas Lurah  Roto Pawiro.

Pria yang sdha   cukup lama menagbdi diKeraton, inimengakui jika untuk perbaiki kereta milik keraton yang  usianya rata-rata sudah melebih  seratus tahun. isan




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi