Kembali Ke Index Video


Kirab budaya gunungapi purba angkat kembali mainan tradisionil glindingan

Senin, 5 Oktober 2015 | 17:09 WIB
Dibaca: 1821
Kirab budaya gunungapi purba angkat kembali mainan tradisionil glindingan
unik mainan tradisionil glindingan tempo dulu

Patuk-PASTVNEWS.COM,Kirap budaya desa wisata Nglanggeran Gunungkidul di gelar Minggu 4/10/2015, acara ini di berlangsung setelah acara rasulan bersih dusun atau satu hari sebelum kirab budaya lakasanakan.

Kirab tersebut cukup meriah dan mengambil star  dilapangan karang sekira jam dua, iring iringan kirab berisi berbagai bregodo menuju kali song berjarak kurang lebih satu km.

Acara kirab tersebut pesertanya sedesa nglanggeran, terlihat oleh media ada yang menampil berbagai keunikan sehingga menjadi tontonan yang menarik dan menghibur sebagai suguhkan kepada masyarakat supaya dikenal luas desa wisata dsan budayanya

Acara bersih dusun dan kirab budaya rutin dilaksanakan tiap tahun semua peserta kirab berlangsung dengan aman nyaman meskipun terik matahari menyengat namun tidak menyurutkan semangat yang sudah membudaya.

Dari sejumlah tontonan juga ada tampilan dari padukuhan karangsari dan salah satunya mengusung tema kreasi mainan anak anak berupa mainan tradisonil glindingan tempo dulu.

Glindingan yang ikut di kirab terbuat dari  bahan bambo roda dari  kayu seperti  kendaaraan roda empat dengan warna biru. Bertuliskaan Melu  Yo Mbah. Jaman ku biyen……1959.

Peserta kirap Wondo asal karang sari saat di samperi awak media pastvnews.com, mengatakan mainan asal kayu dan bamabu ini kami angkat kembali karena bapak saya dulu mainnya juga glindingan dan ini memang cukup asik,karena tidak mudah bosan, bahkan juga sudah menjadi budaya leluhur "papar Wondo di amieni wanto "Pur”




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi