Kembali Ke Index Video


80 Seniman Peduli Lingkungan “Serentak Tanam Pohon

Sabtu, 5 April 2014 | 16:54 WIB
Dibaca: 1726
80 Seniman Peduli Lingkungan “Serentak Tanam Pohon
WAGUB DIY TANDA TANGANI PRASASTI

Media online PAS TV NEWS.COM, Sebagai simbol kepedulian terhadap lingkungan sekitar 80 seniman Yogyakarta dari berbagai komunitas melakukan gerakan menanam pohon di Banyu Mili Resto bersama Wakil Gubernur DIY,Sri Paduka Paku Alam IX.

Gerakan menamam pohon yang dilakukan seniman Yogyakarta ini merupakan kelanjutan penamanan pohon yang dilakukan forum lintas agama beberapa tahun silam.

Selain penanaman pohon yang diawali oleh Paku Alam juga dilakukan penandatangan prasasti gerakan seniman tanam pohon serta penyiraman tujuh pohon.

Menurut Sam Sianatra kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan GoGreen Lintas Agama atau yang lebih di kenal GoGreen Calvin dengan di dukung  PT Harmonis Citra Lestari yang dipimpin Iskandar dari Bali.

Dimana ide tanam pohon bersama seniman ini dicetuskan oleh Calvin Christian Yulianto yang merupakan pencipta dan penyanyi lagu ‘Go Green Hijaukan Tanahmu’.

Sam menambahkan tujuan kegiatan antara lain mengelorakan semangat para seniman dalam mencintai lingkungan. Sehingga alam negeri ini akan selalu tampak hijau dan menyehatkan.

Dan yang terpenting kita akan mewariskan kepada anak cucu alam yang baik. Sedangkan makna dari penyiraman yang dilakukan TNI yang diwakili Dandim 0734 Letkol  Ananta Wira, mengisyaratkan TNI sebagai penjaga negara serta menumbuhkan semangat kedamaian dan kerukunan warga Yogyakarta.

“Kita sengaja melibatkan dan mengajak para seniman karena mereka merupakan motivator. Sehingga nantinya langkah seniman tanam pohon akan diikuti komunitas yang lainnya. Dalam waktu dekat kita juga akan melakukan penanaman pohon mangrove di pantai selatan,” imbuh Sam, pelaku bisnis di bidang property ini.

 Wakil Gubernur DIY dalam sambutannya mengatakan gerakan penanaman pohon bersama seniman ini merupakan bentuk kepedulian dan wujud kebersamaan antara masyarakat serta seniman dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu hal ini merupakan langkah konstruktif dalam menyelamatkan lingkungan serta sumber daya alam yang mana hal ini juga menjadi bagian program menghijaukan Yogyakarta.

Lebih jauh Paku Alam mengatakan dengan gerakan menanam pohon yang dilakukan para seniman Yogyakarta nantinya akan mencegah ada pemanasan global.

Sehingga perubahan iklim saat ini yang ditandai dengan makin panjangnya musim panas, makin pendeknya musim hujan serta makin banyaknya wabah penyakit endemik secara perlahan akan dapat diatasi.

“Kerusakan bumi sebenarnya akibat ulah tangan kita sendiri. Bumi pun kini menghadapi ancaman global yang serius. Oleh karenanya upaya penyelamatan lingkungan yang meliputi rehabilitasi hutan dan lahan, reboisasi serta konservasi tanah dan air menjadi hal mendesak yang perlu kita lakukan” sambungnya.

Paku Alam juga berharap aksi penanaman pohon hendaknya disertai dengan tanggung jawab memelihara pohon yang telah ditanam.

Jangan sampai semangat ini akhirnya terhenti saat menanam. Karena sejatinya manfaat dari pohon yang ditanam hanya diperoleh ketika pohon-pohon itu tumbuh dengan baik. anjar

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi