Kembali Ke Index Video


TBM Adakan Literasi Sekaligus Refleksi Gempa 2006

Selasa, 28 Mei 2019 | 06:52 WIB
Dibaca: 756
TBM Adakan Literasi Sekaligus Refleksi Gempa 2006
jelang buka bersma bincang peringati gempa 27 mei 2019

Bantul - Media online Pastvnews.com warta pendidikan gempa bumi tahun 2006 masih di ingat sebagian masyarakat, sehingga  setiap tanggal 27 Mei di peringati, sperti halnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dari berbagai daerah mengadakan - bincang  bincang literasi menuju Bantul cerdas sekaligus merefleksikan gempa bumi 27 Mei 2006, di Taman Paseban kabupaten ini, pada Senin (27/5).

Kegiatan ini diberi  nama Kenduri Literasi TBM Kabupaten Bantul, akan tetapi mempunyai fungsi dan makna yang mendalam terkait pembangkitan minat baca masyarakat", kata Penyelenggara kegiatan ini, Saiful, dari TMB Ilmu Guru Bantul, di sela berlangsung acara ini.

Menurutnya, di dalam acara ini terserat adanya ruh semangat kebangkitan masyarakat dalam membaca. Sebagaimana sesuai dengan yang telah dialami oleh masyarakat Bantul yakni mampu bangkit kembali ketika tertimpa gempa pada tanggal 27 Mei 2006 silam.

Selain itu juga mengandung makna agar masyarakat mampu membaca secara leterlek dan luas. Hal ini sebagaimana terkait dengan Bulan Ramadhan (puasa).

Surat dalam Alquran yang diturunkan pertamakalinya oleh Allah  SWT adalah Surah  Al Alaq (isinya perintah untuk membaca). Makna inilah yang diharapkan diambil dan dimanisfestasikan oleh masyarakat Bantul khususnya dan masyarslakat luas umumnya.

 Selain itu ini juga diharapkan sebagai media silaturahmi dan rekreasi di Bulan Ramadham bagi para pengurus dan anggota TBM", jelas Saiful.

 Sementara itu komunitas yang hadir dalam kesempatan ini diantaranya Pengurus TBM Nasional Jakarta, Pengurus TBM Propinsi DIY, Forum TBM Bantul dan relawan Literasi Bantul. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi