Kembali Ke Index Video


SMA Negeri 1 Wonosari Ajarkan Olahraga Menantang

Rabu, 21 September 2016 | 14:17 WIB
Dibaca: 2847
SMA Negeri 1 Wonosari  Ajarkan Olahraga Menantang
foto bersma paar tem,an teman smkn 1 wonosari gk

Wonosari - Pastvnews.com- Salah satu olah raga yang menantang adalah olah raga yang menguras andrenaline para pesertanya. Seperti apa yang sudah dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMA N1) Wonosari, di jembatan kali Oya yang terletak di perbatasan antara Karangtengah  Kecamatan Wonosari dan Kwarasan Kecamatan Nglipar.

Kegiatan ini menurut guru olahraga SMA N1 Wonosari, Yerry Meas, S.Pd, Selasa, 20/09/2016, mengadopsi kurikulum local kepramukaan ala bebas, untuk melatih anak olahraga Single Room Technik (SRT) seat.

Dalam kontek ini anak dididik untuk menjadi dirinya sendiri karena olah raga SRT Seat musuh tidak tampak, musuh berada di dalam dirinya sendiri, tidak seperti olahraga bola volley atau sepak bola, yang musuh bisa diketahui.

Lebih lanjut ia menjelaskan,  olah raga ini sangat kaya  nilai educasi, terutama dalam membentuk karakter building, percaya diri, berani mengambil keputusan, bertanggungjawab, toleransi, itu sangat baik sekali diadopsi dari tata niai dari kegiatan olahraga SRT Seat ini.

“ini kegiatan untuk melatih mental, karena olahraga ini cukup menantang dan menguras andrenaline, ketenangan batin, ketenangan berfikir mengendalikan alat juga harus  luar biasa, itu tuntutan,” jelasnya.

Semua siswa yang terdiri dari 7 kelas diajarkan semua dan sifatnya wajib, dan diajarkan ada 5 technik, klasik, revolling (kepala dibawah), helicopter (menghadap ke tebing), tandem, dan ress creuw, masih kata Yerry Meas.

“Untuk uji kopetensi nanti akan diadakan di jembatan Kali Pentung, Patuk Gunungkidul, dengan ketinggian sekitar 30 meter, dan belum pernah ada yang mencoba, baik TNI ataupun Polri, kecuali kita,” imbuhnya.

Olahraga ini diajarkan di SMA N1 Wonosari  sudah sejak  tahun 2008, yang merupakan pembelajaran karakter building, untuk membentuk mental siswa. W. Joko Narendro

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi