Kembali Ke Index Video


Kampus ISI Berikan Anugrah ‘Empu Ageng’ Bidang Fotografi Jurnalistik

Jumat, 20 September 2019 | 00:13 WIB
Dibaca: 722
Kampus ISI Berikan Anugrah ‘Empu Ageng’ Bidang Fotografi Jurnalistik
SERAH TERIMA ANUGRAH EMPU AGENG

Yogyakarta - Media online Pastvnews.com - Pendidikan -Seni dan Budaya - Pada Sidang Senat Terbuka Institut Seni Indonesia (ISI) Yogakarta memberikan penganugrahan "Empu Ageng" Bidang Fotografi Jurnalistik kepada seorang fotografi jurnalistik Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara/Kantor Berita Nasional ANTARA, Oscar Motuloh, di Auditorium perguruan tinggi ini, Rabu (18/9).

Empu  Ageng adalah anugrah tertinggi atau setara dengan Doktor Clausal dari ISI Yogyakarta. Yang sudah menerima sudah beberapa orang, meski kurang dari 10 orang.

Kali ini yang diberikan adalah kaitannya dengan jurnalistik kepada pelaku jurnalistis, Oscar Motuloh", ungkap Rektor ISI Yogyakarta, Prof Dr. M. Agus Burhan , M.Hum, dalam pidatonya di kesempatan ini.

Menurutnya, dengan mencermati dan penelitian yang cukup ketat sesuai dengan kaidah ilmiah akedemika, Oscar (jurnalistis) orang seniman fotografi dalam meniti dan mengarungi ketugasannya sebagai insan jurnalis, maka.pantas memperoleh anugrah ini.

Yang bersangkutan dinilai mampu pencapaian estitika yang fenomenal, melahirkan gaya sintasis fotografi jurnalistis yang mendalam dan bermanfaat di dunia perkembangan fotografi dari masa ke masa. Penghargaan  ini semoga bermanfaat di berbagai pihak masyarakat luas.

Sementara itu, Oscar Matoloh, dalam pidatonya mengungkapkan, pihaknya terasa berat moral dan tangung jawabnya atas diberikannya penghargaan  yang ada pada dirinya kali ini.

Ini berat, namun setidaknya mengandung pelajaran bagi kita semua untuk meniti karier di bidangnya supaya memberikan    manfaat bagi semua pihak", kata Oscar.

Menurutnya, meski dulunya ada semacam pemisahan (decotomi) antara jurnalis tulis dengan foto, akan tetapi sebenarnya foto juga mampu memberikan informasi yang berguna.

Saat ini yang perlu diperangi oleh semua pihak sesuai dengan panggilan jiwa jurnalistis adalah memerangi hoax dengan cara memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

Pemberian anugrah ini disaksisikan oleh seluruh akademisi Isi Yogyakarta, Kementrian Pendidikan, para tokoh fotografi dari para pelaku dan akadimesi serta pimpinan media massa.megeei araulun swasta ’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi