Kembali Ke Index Video


Wow, Greend Vilage Gedangsari akan dipoles Bantuan 3 Milyar Lebih

Jumat, 9 Desember 2016 | 08:32 WIB
Dibaca: 1061
Wow, Greend Vilage Gedangsari akan dipoles Bantuan 3 Milyar Lebih
GREND VILACE NGETOP

Gedangsari, (Pastvnews.com) - Program pemberantasan kemiskinan, penanggulangan kemiskinan atau pun pengentasan kemiskinan, sudah jamak kita dengar sejak Orde Baru. Ringkasnya program tersebut bertujuan untuk menekan angka kemiskinan di negeri ini.

Menurut cacatan Bank Dunia, selama ini Indonesia telah melakukan tiga upaya pengentasan kemiskinan. Yaitu melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan meningkatkan mata pencaharian.

Meski ada tiga aktivitas yang dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan, kesan yang paling menonjol selama ini hanya pemberian bantuan sosial. Kesan selanjutnya, pengentasan kemiskinan adalah bagian dari tanggungjawab Kementerian Sosial.

Pandangan tersebut akan terbantahkan dengan adanya bantuan hibah seperti  bantuan hibah Gubernur DIY untuk distinasi wisata Greend Vilage Gedangsari. Bantuan hibah senilai 3 Milyar lebih  itu  sasarannya untuk mempercepat pengentasan kemiskinan dengan meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Hal ini diakui Kepala Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Tugiman, dalam waktu dekat ini akan diadakan penandatangan bantuan hibah gubernur yang rencananya untuk pengembangan distinasi wisata Geend Vilage Gedangsari yang terletak di Desa Mertelu.

Bantuan hibah dari gubernur sebesar 3 Milyar lebih dan ditambah perimbangan dari Kabupaten Gunungkidul senilai 300 juta lebih itu akan digunakan untuk  membangun berbagai fasilitas guna  melengkapi tempat wisata tersebut, seperti playing fock, discanding, susur sungai (kenyoning) dan lain-lain, kata Tugiman.

Semua ini dilakukan, lanjutnya, dalam rangka untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah mertelu khususnya dan Gedangsari pada umumnya, karena Desa Mertelu sebagai desa percontohan pengentasan kemiskinan se- DIY. Diharapkan dengan dibangunya wisata nanti kemiskinan di Desa Mertelu akan bisa tuntas.

“kebetulan Desa Mertelu ini sebagai desa percontohan pengentasan kemiskinan se-DIY, dengan harapan dengan dibangunnya wisata nanti kemiskinan bisa tuntas,”harap Tugiman.

Kalau Desa Mertelu nanti bisa berhasil rencananya akan beralih di Desa Mogol, Kulonprogo, imbuhnya..

Dengan bantuan sebesar itu otomatis desa juga mengimbangi untuk fasilitas akses jalan menuju ke tempat wisata Greend Vilage di perbaiki, mengingat akses jalan sudah banyak yang rusak.

“Kita juga mengimbangi untuk akses jalan yang menuju ke tempat Greend Vilage diperbaiki baik menggunakan Dana Desa ataupun dengan Anggaran Dana Desa,  karena akses jalan menuju kesana sudah banyak yang rusak,”pungkasnya. W. Joko Narendro.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi