Kembali Ke Index Video


Launching Dan Bedah Buku Naskah GRM Dorojatoen

Kamis, 25 Agustus 2016 | 16:30 WIB
Dibaca: 1116
Launching Dan Bedah Buku Naskah  GRM Dorojatoen
H.Prabukusomo slah satu nara sumbernya

MEDIA PASTVNEWS.COM, ARSIP merupakan memori angsa,  mengandung buktisejarah, bahkan dapat   mendididk generasi muda untuk melihat sejauh mana keberhasilan, kegagalan,pertumbuhan  dan kekayaan  bangsa.

Arsip sangat dibutuhkan  bagi generasi mendatang , sebab  apa yang kita  lakukan  di masa sekarang  akan tergambar di arsip yang tercipta  di masa lalu. Demikian  pengantar Gubernur DIY Sri Hamengku Buwono  X, dalam Launching dan Bedah Buku Naskah Sumber  Arsip berjudul GRM Dorodjatoen (Hamengku Buwono IX) dari Jogjakarta hingga  Negeri Belanda  (1912-1939) di  Siti Hinggil Dwi Abad, Alun-alun Selatan , Yogyakarta.

Dikatakan, pentingnya sebuah arsip,  telah lahir bebagai ungkapan sebagai pengejawantahan makna sebuah arsip. Arsip merupakan simpul pemersau bangsa,ibarat pemerintah tanpa arsip  ibarat tukang  tanpa alat. Arsip saksi  bisu, tak terpisahkan , handal dan abadi.

” Saya menyambut  baik disusunnya,  buku naskah  Sumber Arsip ini sebagai  upaya kita  untuk  mengenang kembali  perjalanan  sejarah  Sri Sultan  Hamengku Buwono IX, sejak masa kanak-kanak  hingga dinobatkan  sebagai raja  Kraton Yogyakarta serta peranannya  dalam menentukan  arah bangsa,”  ungkapnya.

Lebih dari   ratusan foto  arsip alat transportasi masa  lalu berupa  kereta, alat transportasi  milik  keraton di pamerkan dalam rangka Pembukaan  Pameran  Kearsipan,Harmoni dalam Sistem Transportasi di Yogyakarta.Perjalanan panjang,  GRM  Dorodjatoen,  hingga dinobatkan sebagai  Raja Keraton Yogyakarta tergambar  dalam pameran. Setelah dewasa GRM Dorodjatoen bernama Sultan HB IX, lahir  12 April 1912.

Hingga perjalanan  sampai ke negeri Belanda untuk melanjutkan studinya.Foto-foto  dari khasanah arsip,  Gedhong Jene, umumnya  adalah  foto foto  Sultan,  waktu masih kecil  berusia  antara 6 – 15 tahun,  Foto  kebanyakan  berasal dari  aktivitas sekolah,  pramuka  foto foto   dengan kelompok bermainnya terutama  sepak bola  dan juga –anak. Sultan seorang  pemuda  yang banyak bergaul dan cukup  bergaya di depan kamera. Dalam foto-fotonya ia  menampakkan  pose  tertentu yang menarik model pada jamannya.

Barangkali  dari sini bersama  anak –anak seusianya,  dari kampung sekitar kraton. Kegiatan mengunjungi makam Imogiri dan beberapa  foto sendiri menggunakan  berbagai pakaian, dari foto-foto itu tampak pada  masa kanak-kanak Berbagai koleksi lainnnya,saat Sultan  studi di Belanda, Isan r




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi