Kembali Ke Index Video


Allahu Akbar... Allahu Akbar... Ilyas Ikut Khitan Massal di RS Bhayangkara Polda DIY

Kamis, 16 Juli 2015 | 20:32 WIB
Dibaca: 1474
Allahu Akbar... Allahu Akbar...  Ilyas Ikut Khitan Massal di RS Bhayangkara Polda DIY
khitanan masal polda diy 2015

Media online pastvnews.com, Khitan adalah hukumnya wajib bagi laki-laki muslim. Selain kewajiban ternyata khita sangat baik manfaatnya bagi kesehatan.

Oleh karena itu khitan tidak hanya dilakukan umat muslim saat ini, pemeluk agama lain pun banyak yang sudah melakukan khitan.

Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 69 yang jatuh tepat pada tanggal 1 Juli 2015, Polda DIY menyelenggarakan khitanan massal dan donor darah sebagai bentuk pembinaan tradisi Bhayangkara tahun 2015.

Tema HUT Bhayangkara yang diangkat adalah "Melalui Revolusi Mental Polri Siap Memantapkan Soliditas Dan Profesionalisme Guna Mendukung Pembangunan Nasional".

Donor darah diselenggarakan pukul 18.00 wib pada tanggal 29 Juni 2015 di aula Dit Pamobvit Polda DIY dan menargetkan sekitar 115 pendonor dari partisipasi setiap Satker.

Ada 73 kantong darah yang layak donor berhasil dihimpun untuk kemudian disalurkan kepada pihak yang membutuhkan melalui PMI Kota Yogyakarta.

Polda DIY menggandeng PMI Cabang Kota Yogyakarta dalam melakukan kegiatan Donor Darah.

Kegiatan baksos Khitanan Massal berlangsung pada hari Senin, 30 Juni 2015 bertempat di RS Bhayangkara Polda DIY, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Kegitan Khitanan Massal diikuti 52peserta dari 55 anak pendaftar dari Polres/Ta. Rinciannya adalah peserta dari Kota 24 anak, Sleman 5 anak , Kulonprogo 6 anak, Gunungkidul 6 anak, Bantul 8 anak dan dari RS Bahayangkara 3 anak.

Jumlah ini lebih banyak dari target yang diharapkan dikarenakan tingginya animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini.

Memberikan pelayan terbaiknya, Tim Bid Dokkes Polda DIY selaku panitia menyiapkan 5 tim pengkhitan dimana setiap tim terdiri dari dokter bedah dan perawat atau tenaga medis profesional. Metode yang digunakan adalah metode konvensional.

Khitanan massal ini di targetkan selesai tepat pukul 12.00 wib.Setiap anak yang dikhitan didampingi orangtua atau wali.

Wakapolda DIY Kombes Pol Drs Imam Sugianto, M.Si. meninjau langsung pelaksanaan khitanan massal dan memberikan motivasi kepada anak-anak didampingi Kabid Dokkes Polda DIY AKBP Nyoman Eddy P.W. DFM., Sp.F.

Kabid Dokkes Polda DIY AKBP Nyoman Eddy P.W. DFM., Sp.F., menjelaskan,“bahwa kegiatan Donor Darah dan Khitanan Massal adalah bentuk pengabdian Polri kepada masyarakat dalam rangka menjaga tradisi Bhayangkara dalam menjalin hubungan kemasyarakatan yang baik yang bertepatan dengan Hut Bhayangkara ke 69”.

“Setiap anak yang sudah dikhitan mendapatkan obat jalan, bingkisan dan tanda kasih dari Polda DIY. Selain itu setiap peserta khitan juga dapat melakukan kontrol paska mengikuti khitan guna perawatan lanjutan.

Ilyas (10) salah satu peserta khitan didampingi kakeknya Suparmo (72) mengatakan "Sakit saat disunat, tapi merasa bahagia karena sudah dikhitan, besuk gak mau lagi dikhitan," polos menjawab. Ilyas adalah salah satu peserta khitan yang menangis sejadi-jadinya pada saat dikhitan seraya menyebut "Ya Allah... Ya Allah... Allahu Akbar Allahu Akbar...", sesaat ujung kulit kemaluannya terputus oleh pisau elektrik yang disayatkan oleh Dokter bedah secara profesional.

Suparmo pun merasa senang dapat mengikutsertakan cucunya. "Kegiatan khitanan massal seperti ini sangat bermanfaat dan di minati oleh masyarakat. Khususnya apabila dilaksanakan pada saat bertepatan dengan liburan sekolah", jelas Suparmo.

Banyak anak-anak yang tidak menangis saat mengikuti khitanan massal ini, hanya beberapa saja yang secara mental belum siap dan meangis saat di khitan.

Rata-rata sedikit menyeringai dan menutup mata saat proses khitan berlangsung. Acara berlangsung aman terkendali hingga usai kegiatan. "isan

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi