Kembali Ke Index Video


Anggota APEI Siap Bersaing Dengan Tenaga Kerja Luar Negeri

Jumat, 20 Mei 2016 | 17:32 WIB
Dibaca: 1355
Anggota APEI Siap Bersaing Dengan Tenaga Kerja Luar Negeri
puji muharji apei

Media online pastvnews.com, Dibukanya kran masyarakat ekonomi asean  atau MEA, mau tidak mau, suka atau tidak sukai harus tetap  dijalani, karena adanya ksepakatan bersama tersebut masing-masing negara tidak bisa melarang seseorang atau investor masuk ke negara lain.

Meski belum ada kesepakatan bersama dalam bidang ketenaga-listrikan akan tetapi berlakunya era MEA, tenaga kerja yang bergerak di bidang kelistrikan juga harus mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan diperkuat kepemilikan sebagai pemegang sertifikat kompetensi.

Sehingga ketika nantinya ada tenaga asing yang masuk ke Indonesia, mereka siap bersaing dan tidak kalah dengan tenaga kerja dari negara lain.

Hal di atas dikatakan Ketua Umum Asosiasi Profesionalis Elektrikal-Mekanika Indonesia  (APEI) periode 2015-2019, Puji Muhardi SE, ST, MBA di sela-sela musyawarah daerah APEI DIY di Cavinton Hotel, dengan agenda laporan pertanggung-jawaban, pembahasan AD/ART hingga pemilihan ketua umum APEI DIY periode 2016-2020.

Puji Muhardi menambahkan kesiapan anggota APEI dalam menghadapi persaingan tenaga kerja dari luar negeri, dalam hal ini tenaga ASEAN, pihaknya telah menyelenggarakan tes sertifikasi kepada seluruh anggota APEI di seluruh Indonesia.

Sehingga dari 18.000 anggota APEI, yang terdiri keahlian maupun ketrampilan, sebanyak 15.000 orang telah mengantongi sertifikat kompetansi yang dikeluarkan APEI.

Sertifikasi bagi anggota APEI ini,  menurut Puji Murhadi, memang diwajibkan dimiliki oleh seluruh anggota, baik ahli madya, ahli muda dan ahli utama. Karena dalam UU no 30 dan UU no.18, seluruh tenaga yang bekerja di bidang kelistrikan wajib mengantongi sertifikat kompetensi. Apalagi ke depan PLN bertekad meraih word class bisnis.

”Sertifikasi menjadi hal wajib bagi perseorangan dan lembaga yang akan bekerjasama dengan PLN. Tanpa di dukung sertifikat kompetensi nantinya akan kesulitan bermitra dengan PLN” imbuhnya.

 Sementara itu ketua umum APEI DIY 2012-2016, di DIY da sekitar 218 anggota yang tercatat di pengurusan APEI DIY. Dari 218 anggota tersebut hampir 100 persen mereka telah memiliki sertifikat kompetensi, sehingga mereka nantinya mereka siap bersaing dengan tenaga kerja negara-negara ASEAN. anjar 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi