Kembali Ke Index Video


Mengenang Jasa Pahlawan di Depan Patung Pangsar Soedirman

Rabu, 17 Januari 2018 | 08:23 WIB
Dibaca: 1810
 Mengenang Jasa Pahlawan di Depan Patung Pangsar Soedirman
musium dokkumen foto pastvnews.com

Jogja-pastvnews.com, dengan latar belakang  patung monumental karya Yusman, berjudul : Jenderal Sudirman  Naik  Gunung,karya yang menggambarkan  adegan Pangsar Jenderal Sudirman duduk ditandu  yang ditopang  oleh empat teman seperjuangan.

Ternyata hingga hari ini patung yang berada di sudut Alun-alun Utara, Yogyakarta masih menperhatian publik.Pengunjung yang berdecak kagum rupanya memanfaatkan moment bersejarah  bagi  Yogyakarta sebagai kota  budaya.

Ahad, pekan lalu mengukir  satu catatan sejarah,sekaligus  menjadi inspiratif tersendiri bagi pengunjung, meski  cuaca tidak bersahabat dengan turunnya hujan, tidak mengurangi acara  bertajuk :

Malam  Renungan Penghormatan  Kepada Para  Pahlawan  Republik Indonesia,” yang berlangsung di Alun-alun Utara, Yogyakarta Ahad, (14/1/2018).

Tampil dalam  Malam Renungan Penghormatan Kepada  Pahlawan yang merupakan kerja sama  Jogja Galery,  Studi Patung Yusman ,Ikatan Alumni Lemhanas (IKAL) DIY dan Yayasan  Soedirman Centre (YSC).

Puisi yang tampil dalam acara tersebut,berkisah bernuansa tentag kejuangan,perjuangan dan nilai nilai kepahlawanan,heroic, dibawakan secara imajinatif,ekspresif.

Turut kiprah dalam  acara   tersebut, Kapolda DIY Brigjen (Pol) Ahmad Dofiri, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI AU Novyan Samyoga,M.M, dan Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano,Sugiyanto H  Semangun,Umi Kulsum, dr. Novi K Indrastuti, Sitoresmi Prabuningrat,Kalisa Yati Angkoro,Turino,Dr.Kamerad,Fadi dll.

Puisi karya penyair  WS Rendra dan Asrul Sani mendominasi  pembacaan malam renungan mengenang pahlawan.Puisi-puisi yang tampil malam itu sebagian mengkisahkan perjalanan panjang  sebagai pejuangan dengan  semangat yang tak pernah padam senantiasa tertanam di setiap jiwa pejuang.

Seusai  membawakan puisi berjudul, “Lagu dari Pasukan Terakhir”,karya Asrul Sani,Kapolda DIY menyatakan sangat apresiasif  dengan diselenggarakan sebagai bentuk implementasi dan melibatkan  jajaran Kepolisian,TNI, masyarakat,seniman dan berbagai komunitas.

Acara semacam ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat terutama generasi muda untuk lebih menghargai jasa-jasa pahlawan dalam mengorbankan jiwa dan raga demi bangsa Indonesia.

Sementara,  di penghujung  acara Yusman  menyatakan  rasa  terima kasih atas perhatian, yang telah  mengapresiasi sehingga  pameran dapat berlangsung.

“ Malam  ini  saya  merasa  tersanjung, belum pernah terjadi dalam hidup saya seperti ini,dan pemeran ini  sebetulnya jujur saya katakan, merupakan bentuk  pertanggungjawaban  sebagai seorang seniman  selama berkarya.” ungkapnya penuh haru.

Menurutnya untuk bisa  berpameran,  dan menempati area  seperempat  Alun-alun baru  mau berpameran setelah terlebih dulu  mendapat izin dari pihak Keraton dan  PU.Masih menurut, Yusman mengkisahkan  untuk berpameran hampir   tiga kali, Indro Kimpling merayu untuk berpameran.Seusai pembacaan puisi diakhiri menyanyikan lagu Indonesia Pusaka karya Ismail  Marzuki dan  ditutup dengan doa oleh  Kesbanglimas DIY Agung S.

Acara dipandu Supriyanto, Dharmo Budi Suseno dan Indro Kimpling. Acara dimeriahkn Paduan suara  Soedirman Centre dan teatrikal  Komunitas Jogja  45.  Niek/Isan Riyanto

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi