Kembali Ke Index Video


TPST Sitimulyo Piyungan Di Tutup Jadi Isu Populer Dikalangan Warga

Jumat, 5 April 2019 | 18:48 WIB
Dibaca: 1279
TPST Sitimulyo Piyungan Di Tutup Jadi Isu Populer  Dikalangan Warga
warga josar Sleman diklat pelatihan mengolah sampah

Sleman – media  pastvnews.com, warta lintas sosial yang masih terkait dengan sampah limbah rumah tangga dari kota, sejak TPST Piyungan ditutup sepekan lalu, permasalahan sampah di Yogyakarta menjadi isu yang ramai diperbincangkan oleh semua kalangan masyarakat

Kondisi tersebut sempat membuat beberapa TPS di Yogyakarta menjadi luber hingga ke jalan sehingga mengganggu transportasi dan pemandangan di beberapa titik.

Melihat kondisi tersebut, Akademi Relawan Indonesia (ARI) bersama relawan MRI-ACT DIY mengadakan pelatihan  pengelolaan sampah menjadi produk yang memiliki nilai jual, Rabu (3/4).

Pelatihan yang digelar di Kampung Josari, Kabupaten Sleman tersebut di ikuti oleh kebanyakan ibu-ibu kampung setempat.

Kepala ARI, Andri Perdana menyampaikan, edukasi berkaitan pengelolaan sampah sangat penting bagi masyarakat Yogyakarta, "kami berharap agar dari pengelolaan sampah ini banyak kampung mulai peduli dengan lingkungan dan menghasilkan pendapatan tambahan dari pengelolaan sampah yang dilakukan" ujar Andri.

Pada kesempatan tersebut, ARI berkolaborasi dengan Project  B Indonesia, yaitu sebuah lembaga edukasi dan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah menjadi produk kerajinan yang bernilai jual.

Co-Founder Project B Indonesia, Yebi  Yuliandala mengatakan, "75% sampah yang dihasilkan oleh masyarakat yang dibuang ke TPST berasal dari sampah Rumah Tangga dengan berbagai jenis sampah mulai dari organik, plastik, kaca dan logam" katanya.

Yebi mencontohkan, "sampah botol air mineral jika tidak dikelola dengan baik dapat dijual 500-1000 rupiah per kilogram, akan tetapi jika dipisahkan antara tutup dan botol palstiknya, dapat bernilai 2000-3000 rupiah setiap kilogramnya" imbuhnya.

Dalam Edukasi ini, warga di Kampung Josari juga diajarkan bagaimana membuat produk-produk berkualitas dan elegan dengan bahan baku yang terbuat dari sampah plastik yang memiliki nilai jual.

Kegiatan pelatihan tersebut diakhiri dengan komitmen masyarakat di Kampung Josari dalam menginisiasi Bank  Sampah untuk mengelola sampah dan membuat berbagai produk kerajinan dari sampah dalam mengurangi dampak negatif ke lingkungan ‘Nasrudin/tim editor media




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi