Kembali Ke Index Video


Tebing Di Rontokan Jalur Gunungkidul - Sleman Terbangun Pasca Proyek 'Akan Menjadi Jalan Ekonomi - Wisata

Senin, 10 April 2017 | 13:48 WIB
Dibaca: 1743
Tebing Di Rontokan Jalur Gunungkidul - Sleman Terbangun Pasca Proyek 'Akan Menjadi Jalan Ekonomi - Wisata
TEBING DI RUNTUHKAN UNTUK AKSES JALAN RAYA

Gunungkidul-media Pastvnews – Salah satu hasil kerjasama antar daerah didalam lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adanya pembangunan jalan dan jembatan Sleman- dan Gunungkidul dan terlihat ada pembangunann hasil kerjasama sudah muali di wujudkan.

Dibangunnya jalan dan jembatan untuk meningkatan kapasitas jalan penghubung di 2 kabupaten tersebut tepatnya di perbatasan Desa Ngoro-oro, Patuk dengan Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, sejak Maret 2017 telah di kerjakan.

Pembangunan dan pembenahan juga di kaitkan Gununungkidul sebagai keanggotaan Geopark Gunung Sewu yang telah menjadi bagian Jaringan Geopark Global UNESCO (Global Geoparks Network UNESCO) tentunya hal tersebut agar dapat memenuhi kualifikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan UNESCO.

PROYEK JALAN TEMBUH GAYAM HARJO PRAMBANAN -GEMBYONG NGORO-ORO PATU DALAM PENGERJAAN'

LOKASI BEKAS JEMBATAN GANTUNG JURUG GEDE

Pembangunan yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (PU-P & ESDM) DIY menelan anggaran sebesar Rp. 58 Milyar lebih.

Pelaksanaan  program tersebut juga sebagai penataan kawasan budaya pendukung keistimewaan DIY.

Untuk mempercepat pekerjaan, PT. Aneka Dharma Persada sebagai pemenang lelang mengerahkan  beberapa becko guna pemapras gunung, menguruk tebing yang curam dan meratakan tanah yang akan dibuat jalan, mengingat wilayah tersebut merupakan pengunungan, tebing yang tinggi serta curam. 

Jembatan gantung yang sudah puluhan tahun ada kini keberadaanya tinggal kenangan saja, namun keberuntungan bagi masyarakat Gembyong Distinasi Wisata Jurug Gede berada tepat di sisi barat jembatan yang baru dibangun bisa kembali terungkit lebih di kenal.

Pengurus Jurug Gede mulai berbenah dalam menghadapi para wisatawan yang akan berkunjung kedepan, mengingat Padukuhan Gemyong merupakan pintu gerbang pertama menuju ke Gunungkidul,sementara itu sekiian tahun kendaraan roda 4 dan lebih hanya mentok karena jembatan gantung  yang ada lebarnya hanya 2 meter  ‘Papar Giyanto disela-sela penanaman pohon langka disekitar area wisata Jurug Gede.

Wisata Jurug Gede ini khan, merupakan pintu gerbang pertama untuk menuju wisata di wilayah Gunungkidul. Dengan selesainya pembangunan jalan nanti harapan warga distinasi wisata Jurug Gede bisa berbenah dari berbagai segi,   terlebih dahulunya Padukuhan Gemyong sebelumnya merupakan daerah pinggiran yang terisolir ‘ucap Giyanto. wjn


Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi