Kembali Ke Index Video


Pembangunan Wakaf Sumur Di Gunungkidul Tetap Dilaksanakan Meski Musim Penghujan Telah Tiba

Selasa, 20 November 2018 | 20:19 WIB
Dibaca: 854
Pembangunan Wakaf Sumur Di Gunungkidul Tetap Dilaksanakan Meski Musim Penghujan Telah Tiba
warg aambil air kiriman donatur dengan dirigen Purwosari-media pastvnews.com, warta daerah, Dalam beberapa minggu terakhir Yogyakarta telah merasakan guyuran hujan yang secara umum menandai berakhirnya musim kemarau dan dimulainya musim penghujan.

Dari hasil pantauan laporan yang ada di sejumlah wilayah, di Kabupaten Gunungkidul, rata-rata hampir setiap kecamatan telah merasakan guyuran hujan.

Walaupun begitu, bukan berarti persediaan air bersih untuk masyarakat Gunungkidul lantas tercukupi, apalgai sepekan ini hujan kembali menghilang amka droping air kembali berlanjut di sejumlah wilayah di Gunungkidul.

Hujan belum berlanjut sehinga Pada bak penampung dan sumur-sumur tadah hujan masih juga masih mengering.

Tetapi adanya hujan di bulan November ini setidaknya mampu mengisi sesaat bagi bak-bak penampungan ait milik warga untuk kebutuhan harian.

Kekeringan dan krisis air bersih di kabupaten ini masih mengintai bahkan menjadi ancaman tahunan di setiap musim kemarau” demikian kata Kharis, koordinator program Aksi tanggap cepat (19/11).

lembaga kemanusiaan ini sebagai bentuk respon terhadap bencana kekeringan di DIY terutama di Gunungkidul maka terus melakukan aksi droping air bersih sejak bulan Juli yang lalu.

Selain droping air bersih, program jangka panjang untuk mengatasi kekeringan di DIY adalah dengan membangun Wakaf Sumur produktif.

Dusun Dringo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari adalah salah satu dusun di Gunungkidul yang terdampak cukup parah ketika musim kemarau melanda.

Lebih dari 6 bulan warga harus bertahan dengan mengambil air dari sumber yang jaraknya kurang lebih 1-2 km dari rumah warga.

Meski daerh ini sudah ada 13 Sumur yang di bangun dan 11 lokasi Wakaf Sumur berada di Gunungkidul tersebar di 8 Kecamatan kami tetap membantu ” ujar Kharis, koordinator program Wakaf sumur.

“Alhamdulillah di bulan November ini, Dusun Dringo, menjadi dusun yang akan dibangunkan wakaf Sumur ke 14, serta warga masyarakat menyambut antusias dengan rencana dibangunnya wakaf Sumur di dusun mereka” tambah Kharis

Salah satunya Hariyadi selaku kepala Dukuh Dringo menyampaikan ucapan syukur dan terimakasih yang tak terhingga,

“Harapan kami dengan dibangunkannya wakaf sumur ini menjadi solusi atas permasalahan air bersih di Dusun Dringo ini” tandas Hariyadi. Nasrudin act/tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi