Kembali Ke Index Video


Perkaya Pengetahuan Flora dan Fauna di Museum Biologi

Sabtu, 11 Juli 2015 | 23:12 WIB
Dibaca: 1771
Perkaya Pengetahuan Flora dan Fauna di Museum Biologi

Media online PAS TV NEWS.COM, Lebih dari 4000 koleksi hewan dan tumbuhan ditampilkan dalam sejumlah diorama tematik yang mengambarkan kondisi habitat mereka di alam.

Beragam koleksi hewan dan tumbuhan dapat Anda pelajari dengan mengikuti alur pengamatan ke berbagai ruang pamer yang ditata berdasarkan kelompoknya masing-masing.

Seperti kelompok burung, reptil, amfibi, ikan maupun mamalia di museum Biologi Yogyakarta.  Sehingga setiap pengunjung dapat mengamati satu persatu setiap koleksi secara runtut.

Sebagai wahan wisata edukasi Museum Biologi tidak hanya menawarkan tempat untuk berkreasi akan tetapi juga menawarakn ilmu pengetahuan mengenai flora adan fauna. Di museum yang terletak di Jalan Sultan Agung ini pengunjung dapat mengali ilmu dengan mengamati secara langsung terhadap semua koleksi beserta informasi yang menyertainya.

Beragam koleksi kerangka hewan mulai dari kerangka gajah Nyi Bodro yang berasal dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, badak Jawa, dugong, kuda hingga walabi, yang merupakan sebagian koleksi kerangka unggulan museum Biologi ini akan memperkaya khasanah pengetahuan setiap pengunjung yang datang.

Sementara berbagai koleksi tumbuhan ditampilkan dalam bentuk awetan kering maupun basah. Koleski biji dan tanaman obat yang mewakili tradisi serta budaya pun dimiliki Museum Biologi.

Penjaga Museum Biologi, Ragiyanto menjelaskan koleksi awal Museum Biologi UGM berasal dari penggabungan koleksi museum Zoologicum dan museum Herbarium. Museum ini sendiri diprakarsai oleh Muso Suryo Winoto, dosen Biologi UGM serta Drh Indrayana seorang kolektor hewan dari Fakultas Kedokteran UGM.

Pria yang akrab dipanggil Yanto ini menambahkan  peresmian museum secara formal sebagai bagian dari Fakultas Biologi UGM dilakukan pada 20 September 1969 namun baru mulai dibuka untuk umum pada 1 Januari 1970. Sejak dibuka menempati bangunan yang merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Koleksi Museum Biologi memang tidak semua miliki museum akan tetapi ada juga merupakan titipan atau pemberian dari perseorangan dan ada juga merupakan titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Yogyakarta, seperti koleksi Harimau.

Di sampingi itu dari hasil penelitian, setelah selesai penelitian di bawa ke museum Biologi. Adapun koleksi tertua yang ada di Museum Biologi adalah tumbuhan, koleksi tahun 1954 dan termuda kerangka serta Penyu, 2012.

Lebih jauh Yanto mengatakan Museum Biologi menyediakan layanan berupa presentasi umum mengenai koleksi juga layanan pemandu bagi pengunjung rombongan dari sekolah atau perguruan tinggi yang memerlukan, dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan tertulis. Museum Biologi pun akan memfasilitasi kegiatan penelitian ilmih bagi siswa dan mahasiswa.

Jam Buka

Museum Biologi buka dari hari Senin-Jumat, dengan jam buka Senin-Kamis dari pukul 07.30-16.00 wib. Sedangkan khusus Jumat dari pukul 07.30-15.00 wib. Sementara untuk Sabtu-Minggu tetap bisa dilayani namun harus mengajukan permohonan kunjungan melalui telepon atau faximile, dan hari nasional tutup.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi