Kembali Ke Index Video


Cetak Generasi Qurani PP Raudhatussalam Berbah Sleman Gelar MHQ

Minggu, 21 April 2019 | 19:55 WIB
Dibaca: 1311
Cetak Generasi Qurani PP Raudhatussalam Berbah Sleman Gelar MHQ
Ketua Yayasan Raudhatussalam H Triyono Muhammad Harsono memberikan sambutan

Sleman - media online Pastvnews.com, lintas Pendidikan Syiar Islam - Pondok Pesantren (PP) Raudhatussalam Karangsari Sendangtirto Berbah Kabupaten  Sleman DIY bertekad menanamkan nilai nilai Qur ani pada para generasi muda dengan cara mengadakan Mushabaqoh Hifzil Quran (MHQ), diikuti ratusan para santrinya yang juga siswa SMP berlangsung di PP ini, Jumat (19/4) hingga Minggu (21/4).

Ivent ini memang baru pertamakalinya digelar, akan tetapi  dirasa sangat diperlukan untuk membekali para santri dalam membaca, mengatahui makna serta mengamalkan isi Alqur an, maka nantinya akan diadakan setiap tahunnya", kata Ketua Yayasan Raudhatussalam, H Triyono Muhamad Harsono, didampingi Pengasuh PP ini, KH Wahidan Alwi , di sela final MHQ ini, Minggu (21/4).

Menurutnya, pada musabaqoh (lomba) ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu hafalan satu, dua dan tiga juz. Setiap kategori diambil juara I dan dua. Para juaranya memperoleh hadiah diantaranya berupa tropy, serifikat dan uang pembinaan dari Yayasan Raudhatussalam", katanya.

Triyono yang juga pengelola Kelompok Bimbingslan Ibadah Haji (KBIH) Hajar Aswad, menjelaskan tentang kecakapan dalam membaca Al quran bagi siswa SMP di PP ini adalah merupakan ciri khas dan membedakan antara siswa SMP PP dengan yang non PP.

Selain itu, diharapkan dengan musabaqoh juga mampu memotivasi kepada para santri untuk mempelajari Qur an, dan walinya dalam mendidik anak khususnya serta generasi muda pada umunya.

Pada jaman melenial seperti sekarang ini justru Al Quran adalah sebagai penangkal dan menyelamat generasi muda dan umat pada umumnya dalam menjauhi hal hal yang negatif, misalnya kenakalan remaja", tambah Triyono.

Lebih lanjut dikatakan,  fakta menunjukkan penguasaan membaca dan mengetahui isi Quran sangatlah bermanfaat bagi orang yang bersangkutan dalam hal mencari sekolah bahkan pekerjaan.

Banyak diantara sekolah yang mempersyaratkan dan memberikan prioritas khusus kepada para calon siswa baru yang pandai membaca Qur an. Misalnya dalam mendaftarkan sekolah,  siswa yang bagus di bidang Qur an akan bisa diterima dengan jalur khusus.

Bahkan perusahaan dan Instansi pemerintah juga ada yang memberikan prioritas khusus. Bahkan ada yang berkat pandai membaca Quran dinyatakan diterima dan lolos penyaringan pendaftaran Polisi.

Meski banyak pihak yang menganggap bahwa orang yang pandai megajii tidak ada gunanya dalam hal peluang belajar dan bekerja, itu terbantahkan. Orang yang pandai di  bidang Al Al Qur an sudah barang tentu insyaa Allah dacholal jannah (masuk surga). pardi'




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi