Kembali Ke Index Video


Dalam Sekejab Gunungan Sumbertetes Ludes, dan Meriah Kenduri Sego Sarang 'Warga berharap dapat di danai dari dana Desa

Senin, 13 Agustus 2018 | 08:20 WIB
Dibaca: 136
kiran budaya patuk 2018

Patuk- media pastvnews.com, kirab budaya dusun sumber tetes Desa Patuk Gunungkidul minggu 12 Agustus cukup meriah dan warga tampak bersuka ria mengikuti acara yang tipa tahun di gelar tersebut.

Sebelum kirab warga berkumpul dan kenduri masal segor sarang, sego sarang merupakan kenduri masal dalam sebuah adat desa dimana setiap peserta mendapat nasi yang wadahnya dari pelepah daun kelapa yang di buat sarang .

Setelah kenduri masal berakhir berlanjut  warga yang telah siap kemudian mengarak berbagai gunungan sepanjang jalan menuju lapangan SD bertetes mendapat sorotan mata  yang memanandang warna warninya bregodo yang di tampilkan warga

Sementara itu gunungan yang di pikul bersama berisi ragam buah hasil pertanian menjadi rebutan setelah di lokasi di serahkan untuk di perebutkan.

Salah satu warga kepada wartawan pastvnews.com, mengaku sangat bangga, ini tradisi yang perlu di lestarikan karena bermuatan bisa mempererat hunungan dengan warga yang lain, bahkan kami makin akrap 'kata Dia.

Acara di helat dengan persiapan yang matang sehingga sebulan lebih kami bisa mengumpulkan dana,

Untuk Suport dana sangat minim, berharap tahun depan Bisa d danai dari sebagian dana desa lewat APBDES atau kebudayaan, Memang tahun ini minim bahkan nyaris nol maka kami kompak andil saja' kata salah satu panitia Nuryadi .  ;pr'




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi