Kembali Ke Index Video


180-200 HA Lahan Pertanian DIY Menurun ' BPTP Terapkan Teknologi Budidaya Jarwo Super

Jumat, 1 Juni 2018 | 05:03 WIB
Dibaca: 1035
180-200 HA Lahan Pertanian  DIY Menurun ' BPTP Terapkan Teknologi Budidaya Jarwo  Super
JOKO PRAMONO BPTP DIY JELASKAN SISTEM JAJAR LEGOWO SUPER EFEKTIF TINGKATKAN PRODUKTIVITAS TANAM PADI Jogjakarta media online pastvnews.com, Data 180 s/d 200 Ha lahan pertanian yang ada saat ini membuat kekawatiran  banyak pihak, karena lahan-lahan  subur pertanian  di   DIY semakin menurun. lahan pertanian padi banyak beralih fungsikan menjadi lahan non pertanian, maka Balitbang  susun sistem perluasan tanam  padi dengan jajar legowo super agar meningkatkan produktivitas selain ada upaya perluasan lahan.

Dr.Ir. Joko Pramono, MP menyampaikan di sela – sela Bimbingan  Teknik (Bimtek)  Teknologi  Budidaya  Padi  Jarwo Super di  BPTP Jl.Stadion Baru,Wedomartani,  Sleman, (31/5/2018).

Menurutnya,  peningkatan  produksi  padi ke depan,  diupayakan melalui  pengembangan  teknologi  Jajar  Legowo (Jarwo Super).  Yang diimplementasikan  secara terpadu yang mampu  meningkatkan  produksi padi secara  signifikan  di atas  60%.

Teknologi  Jajar   Legowo Super,  merupakan implementasi  terpadu  teknologi budidaya padi berbasis cara tanam  jajar  legowo,  2:1 yang meliputi   penggunaan  benih   bermutu,pemberian biodekomposer,pemberian pupuk hayati dan pemupukan berimbang.

pengendalian organisme penganggu tanaman(OPT) secara terpadu dan  pengunaan alat mesin pertanian  terutama  untuk tanam  dan panen.

Sementara, sebagai uji coba dengan teknologi jajar legowo diterapkan daerah rawan  wereng coklat di Kalasan seluas 25 hektar dan Pundong Bantul 25 hektar, dan hasil  cukup memuaskan.

Peran penyuluh pertanian memiliki peran penting  dalam  transfer teknologi  pertanian,kepada petani  agar  mau dan mampu  menerapkan teknologi, seorang penyuluh pertanian merupakan ujung tombak pembangunan pertanian  harus memiliki  pengetahuan dan keterampilan yang memadai di bidang  pertanian.” ungkap  Joko.

Keunggulan dengan sistem  tanam jajar  legowo super, sebagaimana  diungkapkan  Joko Pramono diantaranya,  dengan pemberian biodekomposer pada saat  pengolahan  anah, ke dua  mampu memercepat pengomposan jerami.

Pemberian  pupuk hayati sebagai seed treatmen yang dapat  menghasilkan  fitohormon (pemacu tumbuh tanaman),  menambah nitrogen dan  melarutkan  fosfat yang efektif dalam pengendalian  hama tanaman  padi  seperti  wereng  batang coklat dan penggunaan   alsintan untuk penghematan  biaya  tenaga  kerja, resiko pengurangan hasil panen.

Bimtek  merupakan salah satu  pendekatan  diseminasi teknolgi, dalam rangka meningkatkan   kapasitas penyuluh pertanian, daerah tentang  teknologi Jarwo Super, diikuti 45 peserta dari berbagai daerah, penanggung jawab kegitaan  Dr. Rahima  Kaliky.  Isan Riyanto




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi