Kembali Ke Index Video


Apa Demokrasi Itu ?

Jumat, 18 November 2016 | 14:18 WIB
Dibaca: 1390
Apa Demokrasi Itu ?
KOHBING ULTAH KE 58 TAHUN 2016

Media pastvnews.com redaksi kali ini mengunggah tentang tatanan negara dalam berdemokrasi, salah satu nara sumber Herianto Kurniawan SH.MBA, Di Jogjakarta di sela sela kesibukan merayakan ulang tahunnya, sempat membahas Pilkada.

Beberapa tempat di Indonesia tahun 2017 akan mengadakan pilkada serentak. Kita tahu pilkada merupakan salah satu cara untuk memilih pemimpin dalam era demokrasi .

Ada baiknya kali ini kita perlu tahu dan membahas dulu apa itu demokrasi. Demokratis itu sendiri dari bahasa Yunani ‘dari kata Demos, yang artinya rakyat, sedang Kratos   yang mengandung arti kekuatan.

Kekuasaan dalam kepemerintahan sudah di kenal sejak abad 5 SM,di negara Yunani atau Athena.

Devisi demokratis  sebagai sesuatu yang berbeda dengan kediktaktoran  atau tirani.

Demokrasi itu sendiri dapat meruntuhkan kekuasaan para diktator atau Raja  yang berkuasa dan bengis yang sering memeras rakyat  dengan pajak yang tinggi hingga menyebabkan rakyatnya menjadi miskin, sehingga menjadi musabab pemberontakan kepada penguasa.

Demokrasi dapat di bedakan sebagai berikut.

1.  Demokrasi langsung, dalam hal ini maka sebagai warga negara di anjurkan berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambil keputusan pemerintahan. Demokrasi langsung ini maka rakyat bisa menyal;urkan aspirasi melalui  wakil rakyat dalam sebuah pemungutan suara.

2.  Demokrasi tidak langsung, artinya kekuasaan berdaulat tetapi kekuasaan politiknya  melalui perwakilan atau dapat kita sebut demokrasi perwakilan.

Demokrasi yang ini mulai muncul di abad pertengahn  erofa, atau di tandai saat adanya Revolusi Amerika Serikat.

Pemerintahan demokrasi adalah pengakuat hakekat manusia , yang mempunyai kemampuan yang sama dalam hubungan sosial .

Ciri-ciri pemerintahan demokrasi dalam perkembangan berdemokrasi saat ini  telah menjadi suatu tatanan yang di terima serta di pakai oleh hampir di seluruh dunia. fiq/ym

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi