Kembali Ke Index Video


Siswanto 'Hiswana Migas Naik Turunnya BBM Tidak Masalah

Senin, 11 Januari 2016 | 20:25 WIB
Dibaca: 1461
Siswanto 'Hiswana Migas Naik Turunnya BBM Tidak Masalah
SISWANTO DPC HISWNANA MIGAS DIY

Media onine PASTVNEWS.COM, Seminggu pasca penurunan harga bahan bakar minyak (BBM), beberapa pengusaha SPBU menyatakan semua kondisi berjalan normal kembali. Kerugian akibat penurunan yang diperkirakan boleh di kata akan segera tertutupi.

Ketua DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DIY, Drs Siswanto MM mengatakan dampak kerugian penurunan BBM, per 5 Januari silam, diperkirakan mencapai Rp 10 juta. Namun demikian setiap SPBU nilai kerugiannya berbeda-beda, karena masing-masing pengusaha SPBU telah memperhitungkan dengan baik.

Meski pengusaha SPBU mengalami kerugian, Siswanto menilai hal ini masih wajar. Karena sebagai pengusaha harus siap dengan segala macam resiko. Apalagi regulator sepenuhnya ada di tangan pemerintah. Sehingga mau tidak mau, pengusaha SPBU harus mengikuti aturan dari pemerintah.

Untuk menekan kerugian yang signifikan, sambung pria kelahiran Gunungkidul ini, para pengusaha SPBU sehari sebelum sebelum banyak yang melakukan pengurangan jumlah kiriman BBM. Atau, tangki pendam tidak diisi penuh. Sehingga ketika esuk hari BBM mengalami penurunan mereka tinggal menghabiskan stok di tangki pendam yang tersisa.

Menjawab pertanyaan awak media, harga BBM yang sebentar-bentar naik dan dalam waktu tertentu turun, Siswanto menjelaskan fluktuatif harga BBM disebabkan karena pemerintah mendapatkan BBM secara impor.

Oleh sebab itu harganya tergantung kondisi di luar negeri. Ketika harga minyak dunia mengalami kenaikan maka harga BBM juga mengalami kenaikan. Begitu pula saat harga turun, pemerintah harus melakukan penyesuaian, menurunkan harga BBM.

Naik turunnya harga BBM bagi Hiswana Migas bukanlah menjadi persoalan. Agar semua menjadi fair turunnya harga BBM juga harusnya diikuti oleh penurunan harga beberapa komoditas, seperti sembako. Karena dengan penurunan ini akan member dampak psikologis yang baik bagi masyarakat. anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi