Kembali Ke Index Video


Ragam Kendaraan Di Lembaga Kemanusiaan Memang Dibutuhkan

Senin, 14 Januari 2019 | 16:17 WIB
Dibaca: 796
Ragam Kendaraan Di Lembaga Kemanusiaan Memang Dibutuhkan
KENDARAAN UNTUK SARANA MENOLONG KORBAN BENCANA

Media pastvnews.com, untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan korban bencana, lembaga kemanusiaan seperti Act melengkapi diri dengan berbagai armada kebencanaan.

Baru-baru ini, sejumlah kendaraan terlihat mendistribusi air bersih yang digunakan untuk mengirimkan keperluan air bersih bagi korban tsunami di Selat Sunda.

Ahmad Rifai selaku Koordinator Humanity Mobile Watertank mengatakan, truk yang digunakan untuk mendistribusikan air bersih. Kendaraan besar ini merupakan varian terbaru yang dikeluarkan Hino untuk jenis truk. “Truk ini dapat memuat sampai 10 ribu liter dalam tangkinya,” jelas Rifai, Senin (14/1)

Truk yang baru selesai perakitan itu, kini sedang bertugas mendistribusikan air bersih untuk korban tsunami Selat Sunda di Pandeglang. Tugas pertamanya ialah mendistribusikan air bersih ke wilayah Kecamatan Sumur yang menjadi salah satu lokasi terparah terdampak tsunami. Jalan berliku, naik turun dan rusak menjadi perjalanan pertama kalinya.

Kini, Humanity Mobile Watertank terus berkeliling Kabupaten Pandeglang, menjangkau lokasi-lokasi terdampak bencana yang sulit mengakses air bersih. "Alhamdulillah sampai sekarang Humanity Mobile Watertank masih mendistribusikan air bersih ke wargawarga yang terdampak tsunami. Air bersih ini dari penyaluran dana zakat masyarakat Indonesia melalui Global Zakat," imbuh Rifai.

Selain di Indonesia, Mobile Watertank juga beroperasi di Palestina. "Di sana, ada 2 armada Mobile Watertank. Setiap harinya, armada ini berkeliling seantero Gaza untuk memberikan air bersih kepada warga.

Seperti yang kita tahu, kualitas air di Gaza amat buruk akibat kontaminasi senjata perang," kata Andi Noor Faradiba dari Global Humanity Response (GHR)

Saat ini satu armada Humanity Food Truck sedang bertugas di Palu, Sulawesi Tengah memasak untuk korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di sana. Sedangkan satu lagi sedang tahap penyelesaian di salah satu karoseri. “Perakitan Humanity Food Truck terbaru sedang berlangsung di Magelang, Jawa Tengah,” tambah Rifai.

Pertama kali diluncurkan pada Mei 2017, Humanity Food Truck juga melayani pemberian makan gratis bagi masyarakat prasejahtera selama bulan Ramadan. Dalam pengoperasiannya di masa kebencanaan dan bulan puasa, Humanity Food Truck didukung oleh Global Zakat.

Amanah zakat masyarakat Indonesia disalurkan melalui layanan makanan gratis Humanity Food Truck bagi mereka yang membutuhkan, seperti korban bencana dan warga kurang mampu.

Untuk pendistribusian logistik bantuan di wilayah bencana, kendaraan  tersebut biasa digunakan membawa paket pangan seperti beras, telur, biskuit, air mineral kemasan dan lain sebagainya. Paket pangan ini dibawa dari gudang tempat penyimpanan yang ada di daerah ke posko-posko di berbagai wilayah terdampak bencana.

Seluruh armada kebencanaan tanggap bencana tersebut saling menopang satu sama lain, menjangkau sebanyak-banyaknya korban bencana maupun krisis kemanusiaan yang membutuhkan pertolongan dengan cepat. kata Rifai (Tim red’]

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi