Kembali Ke Index Video


Apakah Kue Bulan Menjadi Inspirasi dari Bakpia Pathuk Jogjakarta ?

Kamis, 8 September 2016 | 15:44 WIB
Dibaca: 2450
Apakah Kue Bulan Menjadi Inspirasi dari Bakpia Pathuk Jogjakarta  ?
DOK FOTO KUE bulan MEMILIKI 4 RASA,

Media pastvnews.com, Pada tanggal 15 september tahun 2016 ini masyarakat selurug dunia terutama dari etnis Thionbghoa akan merayakan festival kue bulan yang akan di peringati setiap taggal 15 bulan 8 penanggalan imlek setiap tahunnya.

Penanggalan ini sebenarnya tidak berubah setiap tahunnya tetapi bila di terapkan dengan penanggalan masehi atau Internasional akan terjadi pergeseran dari tahun ke tahun.

Kue bulan menurut nara sumber kami Kohbing (Herianto Kurniawan SH.MBA) adalah Kue bulan itu adalah makanan tradisional masyarakat Thionghoa yang menjadi sajian wajib pada perayaan Festival musim gugur setiap tahunnya.

Di Indonesia kue bulan biasanya di kenal dalam bahsa Hokkan Gwe Pia atau tiong Chui pia. Asal mula kue merupakan sajian pada persembahan dan penghormatan pada leluhur Di musim gugur yang biasanya merupakan masa panen yang di anggap penting.

Permbautan kue bulan di indonesia di jogja terlihat pada produk kue bak pia pathuk yang sudah memasyarkat dan menjadi ciri khas makanan oleh oleh selain gudeg.

DOK FOTO KUE BULAN VERSI-BAKPIA PATHUK JOGJAKARTA

Konon bakpia ini di buat oleh masyarakat Thionghoa yang tinggal di seputaran jalan Pathuk Jogja yang kebetulan dekat dengan jalan Malioboro yang merupakan salah satu tempat tujuan para wisatawan .

Biasanya para wisatawan domestik maupun manca negara, di dalam perkembangan penyuka makanan khas, wisatawan belumlah merasa lengkap jika belum mencicipi serta membawa oleh oleh khas jogja yakni gudeg dan bagpia Pathuk.

Berbicara kue bulan terdiri dari 4 rasa : rasa kacang hijau, daging, kacang, dan isi telur. Sedang kalau rasa bakpia sekarang sudah banyak pilihannya seperti rasa duren, strowberi, coklat dan lain lain yang tak terhitung macamnya kemudian ini tergantung selera produsen dan pelanggannya.

Terkait oleh oleh di Jogja tak memang tak hanya sebatas bakpia dan gideg akan tetapi masih banyak yang lain seperti, geplak Bantul, Tiwul Gunungkidul, Welut Godean, Kulon progo enting enting dan geblek. Sedang Sleman adanya salak pondoh, jadah tempe kali urang.

 Demikianlah hasil wawancari kami dengan beliau yang inspirasinya tak habis habis untuk di ketahui publik sehingga menambah wawasan para pembaca media pastvnews.com,  ‘nur/ym’

SALAM KALI INI DARI KOHBING ADALAH SALAM JOGJA SALAM BAKPIA    




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi