Kembali Ke Index Video


ARTJOG 2016 'MERCUSUAR SENI KARYA MONUMENTAL MELENGKAPI JOGJA NATIONAL MUSEUM

Senin, 30 Mei 2016 | 16:31 WIB
Dibaca: 1659
ARTJOG 2016 'MERCUSUAR SENI KARYA MONUMENTAL MELENGKAPI JOGJA NATIONAL MUSEUM
pasca penakan tombol sirene pembukaan pameran

Jogja pastvnews.com, seni rupa kontemporer di Indonesia berkembang pesat, sekaligus menjadi bagian  dari kekuatan yang ikut mewarnai  dinamika seni  rupa ini di level internasional.Berangkat dari pemahaman  apa yang  menjadi  kebudayaan  global lahir  melalui akumulasi  peristiwa  yang menyejarah.

Di samping itu,  dapat  melihat unversalitas juga berpengaruh tehadap tatanan  politik,ekonomi,social dan  budaya,  pertahahan dan keamanan, hingga religi.

 “ Seni bisa masuk  kemanapun  dan  menyesuaikan  diri dengan  kondisi  apapun,”  ungkap  Co- Curator   ArtJog 2016, Igntia  Nilu di Jogja National  Museum (JNM).Dikatakan, seni sebagai bahasa unversial,  semua orang bisa menikmati  seni. Sebab seni tidak  lagi menjadi  milik kalangan  tertentu seperti anggapan sementara masyarakat.Simbolisasi yang dibuat oleh sang creator,penampilan  puncak artistik yang mewakili indentitasnya sebagai  seniman.

Dengan puncak  pernyataan , seniman  melalui karyanya akan turut  memberi pengaruh  pada sejarah yang membentuknya.Sebagaimana diungkapkan,Nilu  diselenggarakan  ArtJog  2016,diadakan untuk yang ke sembilan kalinya,  angka sembilan sebagai mana diungkapkan, mempunyai makna  merupakan nilai  angka tertinggi dalam sistem numeral.

Dalam ArtJog 2016,  setidak  diikuti 62 seniman asal Indonesia, Jepang 4 orang, Australia 1 orang, Malaysia 1 orang, Liechtenstein  3 orang. Selain itu terdapat 6  kategori karya dimensional, (lukisan  dan foto) sebanyak 58 , 3 dimensi (patung  dan instalasi) 30 orang,  video  7 orang  site  specific object 3 orang dan performance 4 orang dan sejumlah  96 karya.

Beberapa  nama yag terlibat  diantaranya, Eko  Nugroho, Agus Suwage,  FX Harsono,Garin  Nugroho,Nasirun,Tirtarubi dll. Sementara itu,  Heri Pemad, pendiri yang juga sebagai  Direktur  Artistik, menyatakan,   akan  menginisiasi  monument  berupa menara  setinggi  36 meter lengkap dengan perangkat lampu  suar  yang berdaya jangkau  10 km.

Menara itu   diandaikan sebagai  Mercusar yang mempresentasikan perangkat penyebaran pengaruh yang menyeluruh  dan  mendunia. Mercusuar yang disertai  dengan karya  instalasi kinetic berbentuk blower berdiameter 2,5 m dan berkedalaman 50  meter akan menjadi  terowongan yang  mampu menyedot  pengunjung dalam ajang ArtJog 2016. Isan Riyanto




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi