Kembali Ke Index Video


Pohon Pule Banyak Manfatnya Gunungkidul di Canangkan Sentranya

Kamis, 19 Maret 2015 | 15:34 WIB
Dibaca: 2587
Pohon Pule Banyak Manfatnya Gunungkidul di Canangkan Sentranya
Bambang dinas pertanian Gunungkidul, dan dr.budi leksono menyerahkan terkait pohon pule di desa wisata jurug taman sari

Patuk-PASTVNEWS.COM, pohon pule kian menipis melihat kenyataan ini maka balai besar penelitian dan pengembangan bioteknologi pertanian Jogjakarta peduli agar pohon pule dapat kembali menjadi tanaman dan pohon yang produktif berdaya guna tinggi.

Bupati Gunung Kidul, Hj Badingah, dalam puncak acara hari ulang tahun (HUT) I Desa Wisata Jurug Taman Sari, Wonosari Semoyo Patuk, bersama Kepala seksi Balai Besar Penelitian Bioteknologi Dinas Kehutanan DIY, Budi Laksono dan Kepala Dinas Pertanian Gunung Kidul, Bambang menanam pohon Pule di area wisata Jurug Taman Sari.

Pohon Pule yang merupakan salah satu habitat pohon asli dari Gunungkidul ini bila sudah besar diharapkan akan menompang perekonomian masyarakat yang tinggal di Semoyo Patuk, mengingat pohon ini banyak manfaatnya.

Selain memiliki manfaat besar  dari sisi ekonomi pohon Pule ini akan menjadi tumpuan bagi ketahanan tanah agar tidak mudah longsor.

Kepala Seksi Balai Besar Penelitian Bioteknologi Dinas Kehutanan DIY, Budi Laksono mengatakan pohon Pule sangat bagus guna mendukung industry kerajinan tangan seperti topeng.

Pohon Pule juga juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku karet bahkan berguna pula di bidang farmasi.

Budi Laksono menambahkan pihakya,dalam hal ini dinas kehutanan dengan dukungan stakeholder yang ada siap membantu masyarakat membudidayakan pule.

Mengingat tahun 1987 Gunungkidul pernah menjadi pengekspor ke luar negri berupa kayu Pule hingga mencapai 90 ribu meter kubik. Namun sayang di tahun 2000 kita harus impor dari luar daerah.

Kita sudah menyiapkan pembibitan hingga 2100 pohon Pule untuk ditanam di Gunungkidul, Pesan dari Ngarso Ndalem Hamengkubuwono IX pohon Pule ini harus dikembalikan di Gunungkidul.

Selain itu kita juga menyiapkan bibit yang lain, seperti Sengon dan Jati di Hargobinangun” ujar Budi.

Dengan penanaman pohon Pule diharapkan industry kerajinan tangan yang saat ini terhenti nantinya akan bisa dihidupkan kembali karena pohon Pule sangat cocok untuk bahan kerajinan.

Selain sebagai bahan topeng kayu pule getahnya juga bermanfata untuk perment karet dan manfaat di bidang kesehatan juga ada yakni untuk farmasi pungkas Budi. demikian pastvnews.com update dari gunungkidul. tim redaksi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi