Kembali Ke Index Video


Para santri menerima ayam berina

Selasa, 10 September 2019 | 22:20 WIB
Dibaca: 169
Para santri menerima ayam berina

Bantul - Media online Pastvnews.com, Syiar Islam Ratusan anak yatim yang juga santri melakukan ibadah "umbul dongo ngasyuro" ( memanjadikan doa tanggal 10 Bulan  Muharram 1441 H) di TPQ Al Furqon Kembang Putihan Pajangan  Bantu DIY (10/9).

Dalam kegiatan ibadah yang dikemas unik kali ini bertemakan Merajud Idonesia Yang Berwawasan. Tanggal 10   Muharram merupakan salah satu hari yang mulai.

Dahulu hingga kini banyak yang memanfaatkan untuk berdoa.dan sedekah. Maka kami bersama anak anak memanjadkan doa dan sedekah", kata Ketua Penyelenggara yang juga Penggagas acara ini, Muhmmad Riyan, kepada awak media.

Menurutnya, dulunya banyak masyarakat yang membudayakan dan membiasakan beribadah berdoa dan bersedekah pada 10 Muharam. Namun kini nampak perlu ditumbuhkan kembali pada anak anak. Maka kegiatan seperti ini penting pula.

Berdasarkan pengamatan awak media Pastvnews  di lokasi menunjukkan, anak anak yang mengikuti acara ini memanjadikan doa besama diantaranya  sholawat  nariyah  dan juga baca Alquran.

Mereke diberikan makanan yang berupa bubur dengan nama bubur Asyuro. Ini terbuat dari beras ketan dan gula kelapa.

Menurut  keterangan dari salah seorang sesepuh bahwa bubur ketan bermakna dan  bersifat lengket. Artinya untuk mempererat berbagai ragam yang ada. Rasanya manis dengan harapan agar anak anak nantinya bisa sukses.

Anak anak juga secara besama sama melepas balon . Ini diharapkan bermakna melepas semua hal hal yang tidak baik. Selain itu mereka juga diberi uang saku oleh pihak donatur.

Selain itu diberikan ayam betina dengan maksud sebagai peliharaan dan bisa latihan kerja beternak. Kegiatan ini berlangsung meriah, lancar namun tetep hidmat. Supardi

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi