Kembali Ke Index Video


Ramadhan 1441 H/2020 Masjid Jogokaryan Tetap Melaksanakan Jamaah Tarawih

Sabtu, 2 Mei 2020 | 08:16 WIB
Dibaca: 544
Ramadhan 1441 H/2020 Masjid Jogokaryan Tetap Melaksanakan Jamaah Tarawih
JAMAAH TARAWIH MASJID JOGOKARYAN YOGYAKARTA

Yogyakarta – PASTVNEWS.COM,  Masjid Jogokaryan Mantrijeron Kota Yogyakarta DIY tetap  menunaikan ibadah sholat 'isyak dan tarawih pada Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah.

Pemantauan dan pengamatan awak media, Jumat (1/5/2020), menunjukkan, kepada para jamaah diberlakukan sosial ditanzing (protokoler) yaitu jaga jarak antara jamah satu dengan yang lainnya.

Di tempat ini  juga disediakan cuci tangan dengan mempergunakan hand sanitizer sebelum memasuki areal masjid. Saat akan masuk masjid para jamaah juga harus menjalani  tester suhu badan yang dilakukan oleh petugas yang ada.

Meski jumlah jamaahnya tidak sebanyak pada Bulan Puasa tahun tahun sebelumnya akan tetapi suasana dan situasinya tetap terasa dan kelihatan hidmat serta syiar.

Hanya saja pada Ramadhan 1441 Hijriyah di masjid yang dikenal dengan adanya kemajuan dan inovatif mengenai kegiatannya ini, tidak diadakan kultum (ceramah) menjelang tarawih (usai sholat isya langsung dilanjutkan sholat tarawih).

Ya seperti itulah kegiatan ibadah di masjid ini pada ramadhan kali ini, karena berkaitan dengan dampak Virus corona (Covid -19) saat ini", kata seorang petugas di masjid Jogokaryan, Ramli.

Menjawab pertanyaan apakah kegiatan kuliner Rmadhan pada Bulan Puasa kali ini masih diadakan, Romli mengatakan ada namun tidak seramai dan sepadat pada tahun tahun yang lalu.

Pada prinsipnya pada kali ini takmir masjid tidak menyelenggarakan. Tetapi jika ada yang akan berjualan, dipersilahkan, namun mengenai ijnnya boleh tidaknya maka itu diserahkan kepada masyarakat yang punya tempat untuk dipergunakan berjualan", tambah Romli.

Sementara itu, meskipun masjid masjid pada ummnya tidak mengadakan sholat tarawih berjamaah, namun suara lantunan adzan, tadarus, dan tanda imsyakiyah tetap terdengar. Ini menjadikan suasana syiar ramadhan tetap terasa dan kelihatan.

Bahkan masa pandemi covid 19 ini masyarakat umat Islam tetap bertaqwa dan menunaikan kewajibannya sesuai perintah Alloh.’ Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi