Kembali Ke Index Video


Ponpes Kali opak Piyungan Semarakan 1 Muharram 1441 H Bersama Kyai Jadul

Jumat, 6 September 2019 | 23:25 WIB
Dibaca: 115
Ponpes Kali opak Piyungan Semarakan 1 Muharram 1441 H Bersama Kyai Jadul
bersama kyai jadul gelar syiar islam

Bantul - Pastvnews.com - Lintas Syiar Islam, Sejumlah kegiatan seni budaya yang terkandung nilai nilai  religi budaya  Islami dipastikan akan digelar  di komplek Pondok Pesantren Kali Opak Klenggotan RT 04 Srimulyo Piyungan Kabupaten Bantul DIY, pada Sabtu (7/9), untuk memperingati sekaligus menyemarakkan Bulan Muharam 1441 H.

Dalam kegiatan yang ruhnya bernafaskan budaya  tradisi Jawa  Islami yang bertemakan 'bangkitnya sura kami' kali ini, sebagai salah suatu cara mensyiarkan Bulan Muharam (Sura)", kata Pengasuh Pondok Pesantren Kali Opak Piyungan Bantul, Kiai Jadul didampingi senjumlah Panitia Syiar Muharam 1441, di   pondok pesantren ini, Jumat (6/9).

Dijelaskan, mengenai serangkaian acara itu ialah pembukaan  dilaksanakan  pada hari Sabtu (7/9) oleh Iman Santoso (budayawan) diisi dengan gelar pameran seni rupa "lir ilir" dan dimeriahkan dengan parade musik sholawat serta  pembacaan puisi.

 Di setiap akhir pekan juga diadakan kegiatan lainnya seperti saresehan dan diskusi dengan tajuk "Islami Berkebudayaan".

Sedangkan acara puncak sekaligus sebagai penutup serangkaian acara ini, akan dilaksanakan pada Sabtu (28/9) dengan pegelaran wayang kulit gaya klasik dan pakem  dengan lakon   (ceritera) Jumenengan Parikesit yang dibeberkan oleh dalang Ki Sigit Manggolo Saputro.

Ini semua dimaksudkan  bermakna sebagai doa di dalam mengisi dan memulyakan Bulan Muharam (Suro) 1441 H", kata Kiai Jadul.

Dijelaskan, bahwa di dalam Bulan Muharam, dahulu banyak peristiwa peristiwa penting dan besar. Diantaranya adalah diselamatkannya Nabi Musa dari kejaran Raja Fir'aun, keluarnya Nabi Yunus dari perut ikan paus, disembuhkannya derita Nabi Ayub dan masih banyak peristiwa  lainnya.

Dengan digelarnya serangkaian kegiatan ini, juga diharapkan bisa bermanfaat dan bermakna membangkitkan Umat Islam menatap masa depan.

Sementara tamu undangan yang akan  hadir pada kegiatan ini diantaranya dari Kanwil Kementrian Agama DIY, sejumlah pengasuh pondok  pesantren di Bantul dan masyarakat luas. Supardi

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi