Kembali Ke Index Video


Pesantren Ramadhan 1440 H MAN 4 Bantul Terjunkan Siswa-Siswinya ke Masyarakat

Selasa, 28 Mei 2019 | 22:56 WIB
Dibaca: 746
Pesantren Ramadhan 1440 H MAN 4 Bantul Terjunkan Siswa-Siswinya ke Masyarakat
pelatihan ceramah untuk laki laki

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Pendidikan Keagamaan Keislaman - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bantul  DIY (MAN Laborat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta),  menekankan untuk menjadikan para siswa siswinya profesionalisme dalam menjadi  petugas kegiatan keagamaan keIslaman di tengah masyarakat.

Berbagai cara kami tempuh, satu diantaranya melalui 'pesantern ramadhan' kali ini. Dalam kegiatan ini, antara lain para siswa diberikan bekal tentang kemampuan menjadi khotib (penceramah).

Para siswi diberikan bekal mampu mengajar dan berceramah keIslaman", ungkap Kepala MAN 4 Bantul  Mohamad Yusuf S.Ag, didampingi Staf Humas / Ketua Pesantren Ramadhan Nasiwain S.Ag, di madrasah ini, Selasa (28/5).

Menurutnya, mereka para murid dibekali tentang cara cara dan praktek berkhutbah, berceramah  dan mengajar Agama Islam.

Misalnya mengajarkan doa sehari hari kepada anak anak.

Selain itu mereka juga memperoleh bimbingan membaca kitab Al badi'in yang diantaranya berisikan tentang  sikap dan perilaku di sekolah,

dan belajar dengan mempergunakan media yang ada.

Guna memberikan kemampuan khusus, kepads para murid juga diterapkan hafidh. Tahapannya minimal untuk juz 30 dan seterusnya yang lebih luas", paparnya.

Ia menambahkan, nilai hasil ujian bagus memang merupakan hal penting bagi murid, akan tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan praktek langsung tentang keagamaan.

Mengenai pesantren ramadhan 1440 hijriyah ini sendiri, sebenarnya sudah dimulai per 9 Mei , namaun karena bertepatan dengan adanya ujian, maka disempurnakan selama dua hari ful yaitu tanggal 28 dan 29 Mei 2019.

Sementara berdasarkan pengamatan dan pemantauan awak media Pastvnews.com, para siswa siswi bervariasi kemampunya dalam berpraktek. Kegiatan ini berlangsung aman dan lancar.Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi