Kembali Ke Index Video


Idul fitri Pemersatu Manusia Sesuai Fitrohnya

Rabu, 5 Juni 2019 | 20:35 WIB
Dibaca: 40
Idul fitri Pemersatu Manusia Sesuai Fitrohnya
jamaah idul fitri di masjid agung bantul 1 syawal 1440 /2019

Bantul - Media online Pastvnews.com  - Lintas Daerah -Syiar Islam -  Idul Fitri merrupakan  pemersatu seluruh manusia pada umumnya dan Bangsa Indonesia pada khususnya, sesuai dengan fitrohnya  dan kodradnya bahwa manusia harus dan wajib mukhasabah (instropeksi diri) supaya  mampu memberikan manfaat  terhadap semesta alam.

Manusia haruslah tidak  egois  merasa paling sempurna dan mampu bekerja sendiri. Padahal sebaliknya insan harus menyadari bahwa dirinya adalah lemah, sehingga menghargai peran dan jasa pihak lain", demikian Dr KH Helmy Muhammad M.Ag, dalam khutbah Sholat Idul Fitri  1449 H, di Masjid Agung Manunggal Bantul, Rabu (5/6).

Menurutnya, Bulan Ramadhan dan berbagai ibadah yang ada di dalamnya merupakan "madrasah" (semacam tahapan) yang harus dilaluinya untuk meningkatkan derajad dan  kualitas hidupkan dalam hubungannya dengan  Sang Kholiq) maupun dengan sesama manusia.

Jadi dtdaklah lazim apabila  orang mengunakan kekuaatan dan kemampuannnya justru hannya untuk menebarkan permusuhan dan perpecahan ataupun konflik di atas bumi melalui berbagai cara diantanya memberikan kabar bohong (hoak) dan mefitnah.

Dala fitrohnya, seharusnya manusia mempergunakan segala kekuatan dan potensi yang dimilikinya untuk memberikan kemaslahatan bagi semesta alam. Ini merupakan manifestasi dalam mengamalkan  bahwa Islam merupakan rahmatan lila'lamin

Betapa indah dan sejuknya apabila ada kebersamaan dan kerjasama antara sesama. Selain itu manuasia harus  tidak memperuncing perbedaan namun  perbedaan harus dipandang dan dijadikan sebagai alat pemersatu', tandas Helmy yang juga DPD asal DIY, baru saja terpilih  periode 2019/2024 .

Helmy yang juga cucu dari  Pengasuh PP Almunawwir Krapyak Yogakarta, Almarhum KH  Ali Maksum juga menambahkan,  sebagaimana sudah lazim dan dan harus diakui bahwa manusia merasa lemah dihadapan Allah SWT bahkan  dengan sesama harus tawadhu' dan ta"dhim kepada orang yang  alim ataupun dengan yang lebih tua.

Sholat Id kali ini diikuti oleh ribuan kaum mislimin dan muslimat  Ibadah kali ini berlangsung hidmat dan juga terasa kentara nuansa syiar Islamnya.Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi