Kembali Ke Index Video


Warga Thionghoa Yogya Laksanakan Ibadah Imlek 2019 Hikmat

Selasa, 5 Februari 2019 | 22:39 WIB
Dibaca: 102
  Warga Thionghoa Yogya Laksanakan Ibadah Imlek 2019 Hikmat
Suasana Hari Inlek di Klenteng Poncowinatan Yogyakarta

Yogyakarta-Media online Pastvnews.com - Lintas Keagamaan - Peribadatan ritual keagamaan Hari Tahun Baru Imlek 2570 (2019 Masehi)  di Yogyakarta berlangsung hitmat dan tertib. Demikian pemantauan awak media Pastvnews.com di sejumlah tempat, Selasa.(5/2).

Hasil pemantauan suasana di  tempat Ibadah Tri Dharma Wilayah DIY Klenteng Poncowinatan Eks Kwan Tee  Kiong Jalan Poncowinatan 16 Yogyakarta atau sering disebut dengan Klenteng Kranggan. Selain itu juga di Klenteng Gondomanan.

Masyakat saling berdatangan silih berganti ke tempat ini untuk melakukan sembahyangan imlek. Mereka pada umum sembahyang sesuai dengan tatacaranya yakni berdoa dan juga nampak menyalakan lilin.

Sementara informasi yang di himpun media pastvnews, sejak pada dua hari yang lalu tempat ini juga mulai nampak banyak didatangi masyarkat yang juga akan beribadah. Hanya saja pada tanggal 3 dan 4 mereka bersembahyang secara bersama sama karena undangan tertentu.

Ada sebagian mereka yang juga membagikan "angpao" (berupa uang) kepada masyarkat atau sanak saudara.

Tentang Klenteng Kwan Tee Kiong Pancowinatan didirikan pada tahun 1881 Masehi atau masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono ke 7. Ini dirikan oleh salah seorang tokoh Tionghoa dan hingga kini pengelolannya masih dilanjutkan oleh dinasty generasi penerusnya serta tetap digunakan untuk peribadatan.

Untuk melestarikan gedung bangunan Klenteng tersebut maka pemerintah telah memutuskan sebagai salah satu cagar budaya.Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi