Kembali Ke Index Video


Wayang Kreasi Milenial Buatan Dalang Gemblong Di Tunjukan

Selasa, 19 Februari 2019 | 16:33 WIB
Dibaca: 929
Wayang Kreasi Milenial Buatan Dalang Gemblong Di Tunjukan
PERAGAKAN PENTAS WAYANG

Bantul -media online Pastvnews.com  warta Seni Budaya - Keberadaan wayang kulit sesusai dengan " pakem" (paugeran/kaidah) sudah biasa dan lumrah.

Namun adanya wayang dan pementasan wayang kreasi yang menceriterakan  lakon kekinian merupaka hal yang bisa dibilang baru.  Inilah yang ditempuh oleh Ki Riyadi (Dalang Gemlong Ki Sutung Riyadi (45) warga Karangasem Pucung Wukirsari Imogiri Kabupaten Bantul DIY.

Pria ini sejak sekitar tabun 2001sebenarnya sudah mulai membuat wayang, Namun untuk membuat dan mementaskan wayag kekinian mulai tahun 2015 hingga saat ini.

Dalam mementaskan wayang kekinian saya dan para parogo 'wiyogo dan sindennya) ingin memperkenalkan wayang kreasi kekinian kepada publik supaya masyarakat yang semula tidak terrarik melihat  pentas wayang menjadi tertarik", kata Ki Riyadi kepada awak media Pastvnews.com di  rumahnya Wukirsari Imogiri Bantul" Selasa.

Riyadi sudah sering mendapatkan "tanggapan" (job) dari masyarakat untuk berpentas wayang ini dalam berbagai ivent.

Misalnya untuk pernikahan ataupun peringtan 17 - an Agustus. Tentang tarif job kami tidak mematok harga akan tetapi untuk pentas.3 jam dengan diiringi orgen Rp 3000.000.000 (tiga juta rupiah).

Namun  untuk pementasan dengan sinden dan wiyogo komplit taripnya sekitar Rp.10 Juta.

Setidaknya dengan  pentas wayang kekinian harapannya bisa membangkitkan minat generasi terhadap kesenian jawa terhadap akan wayang", kata Riyadi.

Untuk melayani  masyarakat yang menginginkan pentas ceritera kekinian diharapkan dalam menghubungi dalang jangan mendadak, namun setidaknya tiga hari sebelum pentas.

Pentas wayang kekinian dan bisa bersifat firal dan dengan lakon kreasi (sesuai dengan kejadian di masyarakat , perlu persiapan termasuk untuk pembuatan tokoh wayang kulit kekinian yang akan digunakan untuk pentas.

Menjawab pertanyaan bagaimana minat masyarakat terhadap wayang kreasi kekinian, Gemblong mengatakan semaiki meningkat. Buktinya semakin banyak yang membeli wayangnya. Selain itu orang banyak yang memesan job untuk pementasan.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi