Kembali Ke Index Video


Tujuan Manusia Hidup Ditentukan Empat Faktor

Selasa, 19 Maret 2019 | 10:04 WIB
Dibaca: 590
Tujuan Manusia Hidup Ditentukan Empat Faktor
diskusi kebahagian ada 4 faktor

Yogyakarta - pastvnews.com warta budaya tujuan manusia hidup adalah mencapai kebahagiaan atau kesejahteraan. Baik bahagia lahir atau jasmani maupun rohani.

Hal diatas dikatakan Ketua Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI), Bambang Purnama dalam Dialog Budaya di Kepatihan Pakualaman.

Bambang menambahkan jika dipandang dari sisi jasmani kebahagiaan tidak pernah tercapai atau akan selalu kurang.  Namun dari sisi rohani atau spiritual dapat untuk menyimbangkan.

Kesejahteraan atau kebahagiaan manusia terjadi karena asal perilaku manusianya atau yang disebut sangkaning dumadi" jelasnya.

Perilaku kemanusiaan pada diri manusia, sebutnya, dalam berbagai budaya tergantung dari hasrat  membangun kepribadian atau karakter.

Di mana hal ini dipengaruhi adanya cipta rasa karsa, adat istiadat, budaya dan kearifan lokal ataupun lingkungan sosial.

Tingkatan kebahagiaan ini terbagi dalam posisi tinggi, sedang dan rendah. Dan tinggi rendahnya sangat ditentukan oleh berbagai faktor. Seperti manembahing kalawan Gusti, karakter manusia, lingkungan sosial dan karma" tandasnya. (Njar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi