Kembali Ke Index Video


Syawalan 1440 H DPRD Bantul - RRI Jogja Kolaborasi Pentaskan Ketoprak Mataram

Selasa, 11 Juni 2019 | 15:23 WIB
Dibaca: 74
Syawalan 1440 H DPRD Bantul - RRI Jogja Kolaborasi Pentaskan Ketoprak Mataram
pentas eni ketoprak mataram

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Seni Budaya - Para pemain kesenian tradisional Ketoprak Mataram RRI Nusantara II Yogyakarta "berkolaborasi" (pentas bersama) dengan para anggata DPRD Kabupaten Bantul DIY

pentas kali ini di rumah anggota dewan Supriyono MSi Sawahan Trimurti Srandakan Bantul DIY dalam rangka halal bihalal anggota dan Sekwan DPRD ini, Senin (10/6) malam.

Awak media Pastvnews.com, melaporkan, dalam pentas seni kali ini dengan "lakon" (ceritera) carangan (karangan) Pedot Ing Kadopaten  Pandes.

Pada intinya menceriterakan permasalahan di Kadipaten Pandes. Kadipaten ini mempunyai permasalahan wilayahnya tidak tentrem.

Masalah bisa diatasi setelah berbagai upaya dilakukan oleh para penggowo atau (pemegang pemerintahan) dan para prajurit di Kadipaten Pandes.

Mengenai para pemain dalam pentas ini dalang M Sugiyanto. Supriyono sebagai Ki Lenjer. M Sugiyarto menjadi begawan Cipto Ning. Dagelan (pelawak) oleh Sihono.

Prabu Browijoyo oleh Ki Widayat. Patih Perwodo oleh Sapto Saroso. Heru Sudibyo menjadi Ki Ageng Bandar.

Sedangkan para "wiyogo" (pengiring musik)  adalah gabungan dari berbagai payuyuban  diantaranya Mbah Sanyo dari Bantul yang juga  wiyogo dari dalang kondang Ki Hadi Sugito almarhum dari Kulonprogo.

Pentas seni kali ini berjalan lancar dan meriah serta  ditonton dan memproleh perhatian ratusan penonton anak.anak.hingga nenek dan kakek.

Sebelum pentas ketoprak, acara ini juga disampaikan dan diisi tautsiah hikmah syawalan oleh salah seorang dr dari Jetis Bantul.

Menururut penggagas acara ini yang juga anggota DPRD Bantul Supriyono, kegiatan ini bertujuan untuk menjadi media silahrohmi dan syawalan, memotivasi dan menghibur masyarakat.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi