Kembali Ke Index Video


Rasulan Ala Banaran Playen Gunungkidul

Selasa, 17 Juni 2014 | 20:18 WIB
Dibaca: 4529
Rasulan Ala Banaran Playen Gunungkidul
KENDIRI MASSAL DI BALAI DESA BANARAN PPLAYEN GUNUNGKIDUL 2014

PASTVNEWS.COM, Banaran Gunungkidul  senin 16 juni 2014 melakukan adat tradisi dengan membuka acara bersih desa, kegiatan tersebut  diadakan setiap tahun kemudian acara agar meriah menampilkan berbagai kesenian dan budaya seperti  jatilan doger reog.

Dengan  masih adanya rasulan tersebut masyarakat juga antusias apalagi masyarakat saat di balai desanya juga terhibur banyaknya warga dan para penonton sampai acara pertujukan selesai.

Pantauan media waalaupan terih panas terik matahari menyengat  tak menyurutkan semangat  untuk mengikuti hingga purna.

Suwasto saat ditemui dari media  pastvnews,com mengatakan bahwa acara bersih  desa yang diadakan dilokasi balai desa banaran sudah diadakan bertahun-tahun.

bahkan sudah menjadi event tahunan, kemudaian peserta meliputi dari 8 padukuhan sedang 4 paduhan yang lain  beda  hari dan tempat ungkap bapak suwasto.

Agenda masal ini terlihat panitia menampilkan bregodo lombok abang/cabe merah hingga menjadi pemandangan menarik.

Usai kirab hasil bumi selanjutnya di arak keliling desa dan menjadi rebutan, sedang gunungan yang isinya buah-buahan sayuran dari hasil bumi terlihat meriah dan  ramai, di akhir acara di laukan doa dan kenduri bersama-sama serta pembagian nasi lauk –pauk yang di tempati nasi sarang/merupakan anyaman dari daun kelapa.

Inti dari kegiatan hanya untuk memanjatkan berdoa supaya diberi rejeki yang melimpah dari  Tuhan Yang Maha Esa.”PUR/RUN




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi