Kembali Ke Index Video


Petilasan Eyang Wonopuro Klayar, di Sandran

Kamis, 22 September 2016 | 07:17 WIB
Dibaca: 2114
Petilasan Eyang Wonopuro Klayar, di Sandran
NYADRAN DAN TAYUB DI KLAYAR

Nglipar-Pastvnews.com – Seperti deso mowo coro, Negara punya tatanan, seperti halnya, acara nyadran sebagai adat dan budaya di Gunungkidul, maka nyadran dipetilasan Eyang Wonopuro yang berada di Padukuhan Klayar Kedungpoh, Kecamatan Nglipar cukup unik.

Warga yang melaksanakan upacara adat dan melestarikan tradisi yakni nyadran pasca  panen rutin di lakukan. Adat tradisi nyadran di petilasan Eyang Wonopuro yang belum lama ini dilaksanakan merupakan adat yang sudah turun temurun hampir 250 tahun, kata ketua panitia sekaligus Kepala Dusun Klayar, Tejo.

Tempat petilasan Eyang Wonopuro ditandai dengan tumbuhnya pohon yang besar-besar, menurut Dukuh Klayar, Tejo, menceritakan bahwa Eyang Wonopuro ini berasal dari turunan dari kerajaan kedaton Batok Bolu.

“ jadi ini peralihan singosari dan mojopahit, karena kerajaan batok bolu ini khan kerajaan jin, dan Eyang Wonopuro itu bertapa ditempat ini sampai muksa,”cerita Tejo.

Nyadran yang dilaksanakan setiap bulan besar dan harinya Senin Pahing ini akan selalu dilestarikan setiap tahunnya, walaupun tidak ada stimulant bantuan dari pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten.

Namun demikian untuk tahun ini ada bantuan pemerintah, dalam hal ini dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, guna membantu untuk acara nyadran dan rentetanya dengan rasulan Dusun Klayar, Kedungpoh, imbuh Tejo.

Peletarian upacara nyadran ini, Lanjut Tejo, dalam upaya mendukung program desa Kedungpoh, yaitu untuk bisa menjadi desa budaya dan wisata, seperti apa yang sudah diidam-idamkan selama ini.

Nyadran yang dihibur kesenian ledek dengan penari yang cantik ,gemulai ini dihadiri dari Camat Nglipar, Sabarisman,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul, Ristu Raharjo, Ketua Dewan Kebudayaan, CB. Supriyanto, dan dari Dinas Kebudayaan Propinsi DIY, Bugisanto. W.joko Narendro.

 

 

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi