Kembali Ke Index Video


Patung Sultan Agung Titik Nol Imogiri Untuk Pengetahuan Sejarah

Jumat, 29 November 2019 | 20:26 WIB
Dibaca: 194
Patung Sultan Agung Titik Nol Imogiri Untuk Pengetahuan Sejarah
PATUNG KUDA IMOGIRI DI BANGUN

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Seni Budaya - Keberadaan patung Sultan Agung bersama bregodo "penderek" (pengawal)-nya yang dibangun di titiknol Imogiri atau sepertigaan sebelah utara Kantor Kecamatan ini Kabupaten Bantul DIY, diharapkan bermanfaat untuk pengetahuan sejarah bangsa.

Ini adalah patung Sultan Agung (Raja Mataram). Dengan adanya ini diharapkan sejarah tentangnya bisa diketahui, dikenang dan ditoladani oleh khalayak dan generasi penerus bangsa" , ungkap seniman  yang juga  pembuat patung ini, Yusman,  di sela memfinishing patung itu, Jumat (29/11).

Ia menjelaskan, sejarah terkait dengan Sultan Agung ataupun yang lainnya sangat penting. Ini harus ditransfer kepada para generasi muda agar mereka tahu.

Apalagi DIY merupakan daerah isrimewa, sejarah Sultan Agung yang terkait dengan Kerajaan Mataram bisa diingat dan ditoladani.

Misalnya, tentang bagaimana sejarah  Sultan Agung bersama prajuritnya saat ke Batavia malakukan pengusiran penjajah. Ini adalah perestiwa penting terkait dengan sejarah", tambah

Menjawab pertanyaan tentang berapa  biaya anggaran untuk pembuaan patung ini? Yusman  mengatakan, ini dibuat dari viber, ukurannya masih kecil  dan sebagai promosi, maka biayanya relatif gak besar.

Sementara itu, pengerjaan proyek pembangunan untuk penataan titik nol lmogiri ini, hingga kini masih dalam proses. Ini dilaksanakan oleh rekanan yang ada di Bantul. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi