Kembali Ke Index Video


Pak Dewan Pentaskan Budaya Wayang Kulit Peringati HUT RI Bantul 2019

Senin, 26 Agustus 2019 | 08:29 WIB
Dibaca: 944
Pak  Dewan Pentaskan Budaya Wayang Kulit  Peringati HUT RI Bantul  2019
DOK DALANG SEBELUM PENTAS WAYANG KULIT

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Seni Budaya, Pentas Seni Budaya  wayang kulit dan doa Islami digelar di Pendapa Pedepokan Cahyo Kartiko milik anggota DPRD  Bantul DIY, Drs Supriyono M,Si di Sawahan Trimurti Srandakan kabupaten ini, untuk memperingati HUT ke 74 RI,  Minggu (25/8) malam.

Awak media Pastvnews, dari lokasi melaporkan, pentas budaya wayang kulit sebagai dalang Ki Geter Pramuji Widodo asal Trimurti Srandakan Bantul. Sedangkan "lakon" (ceritera) Kresno Duta atau dikenal sebagai "pepucuk" (awal) Brontoyudha (peperangan Ngastina/ kurowo melawan Ngamarta/pandawa lima.

Dalam lakon kresna duta dimaksudkan dan bermakna untuk memberantas angkara murka di muka bumi.

Para pejabat  termasuk Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih sekarang dan massa mendatang diharapkan mampu memberantas angkolara murka", kata Supriyono, dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini juga diadakan pembacaan Kitab Suci Al Quran oleh seorang qori, Damar Pramuji Widodo yang juga putra dari ki dalang tersebut. Sedangkan pembacaan dan doa tahlil yang diikuti oleh sekitar 600 tamu undangan dan penonton kali ini,  dipimpin oleh Drs Supriyono M.Si..

Sebagai pra acara pada kesempatan ini juga ditempilkan musik campursari  dengan menampilkan lima penyanyi wanita. Sedangkan pada hari dan tempat yang sama pula, pada pagi harinya digelar jalan sehat diikuti oleh ribuan warga.

Wakil Bupati Bantul Drs.H Abdul Halim Muslih, dalam sambutannya mengatakan, ketugasan anggota dewan cukup berat yakni harus berfungsi yuridis (perundangan) , bujating (penganggaran) dan controling (pengawasan) terhadap pemerintah.

Pada kesempatan pentas budaya dan gelar doa religi Islami  ini  nampak hadir Anggota DPRD DIY Fraksi PDI  Perjuangan Joko Purnomo SE dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bantul Suratman. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi