Kembali Ke Index Video


Kenduri Agung Banjarwaru 2019 Pandak Meriah Menjadi Perekat Masyarakat

Rabu, 10 Juli 2019 | 22:16 WIB
Dibaca: 67
Kenduri Agung Banjarwaru 2019 Pandak  Meriah Menjadi Perekat Masyarakat
KENDURI AGUNG 2019

Bantul - Media online Pastvnews.com - Gotong royong bersih bersih lingkungan, pentas seni, kirab budaya, kenduri agung, doa bersama untuk leluhur serta ceramah agama digelar dalam merti Dusun Banjarwaru Gilangharjo Pandak Kabuputen Bantul DI Yogyakarta.

Awak media Pastvnews, yang mengikuti digelarnya budaya ini, Rabu (10/7), melaporkan, kirab dilakukan oleh para warga Banjarwaru denagan route mengililingi dusun ini.

Yang cukup menarik dalam kirap ini selain diiringi dengan kesenian radisional, mereka juga membawa panjang ilang uborampe kenduri berupa hasil bumi bahkan gunungan yang terbuat dari hasil pertanian.

Yang dikirab  oleh mereka yang juga diiringi kesenian juga berupa nasi uduk (gurih) .Setela dikirab berbagai uborampe dipanjatkan doa dan dibagi bagikan kepada  warga dan para tamu undangan.

Mereka sambil menikmati nasi kenduri juga dihibur dengan kesenian tarian dan uyon uyon serta reok. Dalam kesempatan ini warga dusun nampak kompak dan hikmat.

Menurut Supriyanto Katua Panitia, dengan bersih dusun xengan tema 'kanthi merti dusun ayo ambangun guyup rukun gawa majuneng dusun', diharapkan.bisa memajukan warga di berbagai bidang termasuk pertanian, pendidikan dan perdagangan.

Wakil Bupati Bantul.Drs H.Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengatakan, merti dusun adalah kebudyaan adiluhung yang harus dilestarikan.

Kebudayaan seperti ini diharapkan menjadi wajud dan dimaknai untuk membangun sistem sosial untuk kemajuan waga.

Karena tidak semua masalah bisa diselesaikan oleh pemerintah melainkan harus ada bantuan dan kekompakan warga", kata Abdul Halim.

Namun, kata halim, pendidikan generasi muda juga sangat perlu diperhatikan. Kerukunan warga diperkuat.Ini tinjuannya budaya yang adiluhung.

Misalnya, anak anak harus diperhatikan pendidikannya dengan nuansa dan ruh budaya orang timur. pardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi