Kembali Ke Index Video


Gelar Seni Budaya Wayang Efektif Sebagai Perekat Masyarakat

Selasa, 2 Juli 2019 | 07:41 WIB
Dibaca: 165
Gelar Seni Budaya Wayang Efektif Sebagai Perekat Masyarakat
PENTAS SENI BUDAYA WAYANG KULIT PEREKAT WARGA

Bantul -Pastvnews.com, Seni dan Budaya - Seni dan budaya dinilai efektif sebagai perekat masyarakat Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta perlu digalakkan.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Bantul Drs. Abdul Halim Muslih,  saat menghadiri halal bilhalal dan gelar seni budaya di rumah kediaman Ketua DPC Partai Demokrat Bantul, Nur Rahmat JP Karanggede Goasari Pajangan Bantul, Senin (1/7) malam.

Manusia mempunyai kewajiban dua hal yakni baik terhadap Allah dan baik terhadap sesama (hablumminallah wahablumminannas).

Budaya sendiri hasil cipta, rasa dan karsa manusia itu sendiri. Maka melestarikan seni budaya berarti menghargai karya dan manusianyam itu sendiri", kata Halim.

Wabup menambahkan, dengan gelar seni budaya diharapkan efektif untuk menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat.

Persoalan di Bantul yang harus  diselesaikan oleh kita semua  diantaranya kemiskinan, sampah, pendidikan dan sosial.

Sementara itu, Nur Rahmad JP, pada.kesempatan sama mengatakan, gelar budaya ini untuk memotovasi dan menghibur masyarakat.

Saya kira saya sebagai anggota dewan punya kewajiban memberdayakan masyarakat. Secara kebetulan juga mengundang eksekutif (Wakil Bupati) agar ia bisa menyampaikan peogram program pembangunan di Bantul.

Gelar budaya ini menampilkan wayang kulit dengn dalang Ki Geter Pramuji Widodo dari Bantul dengan lakon (ceritera) pandowo kumpul.

Secara ringkas bahwa lakon ini menceriterakan pandowo saat itu masih anak anak anak dibuang di hutan.ol. Berkat perjuangan keras mereka oleh kurawa.

Akhirnya mereka bisa bertemu kembali dengan para  pembesar Negara Amarta. Gelar budaya disaksikan oleh ratusan penonton hingga memasuki goro goro ‘Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi